Trik Mempersiapkan Pernikahan Tanpa Stres

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 22 Mar 2016 15:46 WIB
pernikahan
Trik Mempersiapkan Pernikahan Tanpa Stres
(Foto: Tuckertainment.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengurus persiapan pernikahan merupakan momen menyenangkan, sekaligus bikin stres calon pasangan suami istri. 

Anda tak perlu stres lagi dalam menyiapkan pernikahan, asal tahu triknya. 

1. Bicarakan kemauan masing-masing

"Berbicara dari hati ke hati tentang konsep pernikahan yang diinginkan, merupakan langkah awal yang baik," jelas konsultan pernikahan Chloe Carmichael, Ph.D, sebagaimana dilansir Cosmopolitan. 

2. Realistis dengan anggaran

Kebanyakan orang memiliki impian menggelar pesta pernikahan besar dan mewah. Namun, alangkah tidak bijak jika Anda dan pasangan memiliki anggaran yang terbatas. Daripada memikirkan bagaimana mewujudkan pesta yang mewah, lebih baik pikirkan kehidupan pascamenikah. 

3. Jangan membandingkan dengan orang lain

Segala hal akan terasa bahagia jika Anda menjalaninya dengan penuh keikhlasan, tanpa membanding-bandingkannya dengan orang lain. Begitu juga dengan pernikahan.

4. Jangan buang waktu untuk hal remeh

Berhenti memikirkan hal-hal kecil yang tidak penting, seperti kue pengantin yang Anda sukai. Hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu, dan memicu perdebatan. 

5. Jangan biarkan keluarga mendominasi

Seringkali keluarga merasa berhak mengarahkan konsep pernikahan anak-anak mereka. Hal tersebut, acap kali menimbulkan konflik kecil maupun besar. Beri pengertian agar keluarga besar tak banyak turut campur.

6. Jangan undang mantan kekasih

Bagi sebagian pasangan, mengundang mantan kekasih pada hari pernikahan dapat memicu pertengkaran. Disarankan untuk tidak mengundang mantan, apalagi jika pasangan Anda seorang pencemburu.


(DEV)