Usia Berapa yang Tepat untuk Menikah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 29 Feb 2016 16:10 WIB
romansa
Usia Berapa yang Tepat untuk Menikah?
(Foto: Playbuzz)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak studi menunjukkan, angka perceraian tertinggi terjadi pada pasangan yang menikah pada usia 20-an. Pola pikir yang masih labil dan belum matang disebut-sebut sebagai biang keladi perceraian.

Sebenarnya, pada usia berapa seseorang dikatakan tepat untuk menikah? 

1. Awal 20 tahun

Usia untuk kategori kelompok ini berkisar antara 22-25 tahun. Pada usia ini, kebanyakan orang baru menyelesaikan pendidikan dan mulai mencari pekerjaan, sehingga masa ini menjadi waktu yang tepat untuk membangun karier. Ada baiknya konsentrasi pada perkembangan karier daripada memikirkan pernikahan pada usia ini

Pernikahan adalah tanggung jawab besar. Jika ingin memiliki pernikahan yang sukses, Anda sebaiknya konsntrasi pada karier terlebih dahulu. 

2. Akhir 20 tahun

Usia untuk kategori ini berkisar antara 25-29 tahun. Tidak salah memikirkan pernikahan pada  usia ini, terutama memang Anda telah siap secara mental maupun finansial.

3. Sekitar 30-an

Angka 30-35 terbilang sebagai usia yang ideal untuk menikah.Pada usia ini, wanita umumnya sudah memiliki emosi dan kondisi finansial yang stabil. Namun, menikah di usia 30-an mungkin tidak terlalu baik untuk kesehatan wanita, terutama jika Anda berniat memiliki anak. 

4. Setelah 35 tahun

Anda yang sudah terbiasa hidup mandiri akan menemui masalah jika menikah pada usia ini. Setidaknya, akan ada banyak hal yang harus Anda sesuaikan dan kompromikan dengan pasangan. 

5. Setelah 40 tahun

Tak ada yang ingin melalui melalui krisis paruh baya sendirian. Bukan masalah jika Anda tetap memutuskan menikah pada usia ini. Namun, jangan lupa berkonsultasi ke dokter jika Anda dan pasangan tetap berkomitmen untuk memiliki anak.

Meski ada banyak argumen tentang pernikahan, pada dasarnya, tidak ada indikator yang jelas untuk memastikan kapan seseorang siap untuk menikah. 


(DEV)