Trik agar Bunga Valentine Anda Tak Cepat Layu

Anggitondi Martaon    •    Sabtu, 13 Feb 2016 19:39 WIB
valentine
Trik agar Bunga Valentine Anda Tak Cepat Layu
Tips Agar Bunga Valentine Anda Tak Cepat Layu (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bunga mawar merupakan salah satu hadiah favorit yang diberikan pasangan anda saat merayakan valentine atau hari kasih sayang.

Bunga pemberian orang yang cintai tersebut tentu akan disimpan atau dipajang di dalam kamar.

Namun, bunga mawar alami tidak akan bertahan lama dan cepat layu. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor seperti kualitas bunga yang tidak bagus dan cara merawat yang salah.

Tentunya, Anda tidak ingin bunga yang diberikan oleh kekasih cepat layu. Ada beberapa langkah agar bunga sekuntum bunga mawar alami bertahan lama.


Memilih mawar berkualitas
Ketika Anda akan memberikan bunga mawar kepada pasangan, pilih bunga mawar yang berkualitas. Caranya, pilihlah bunga mawar yang disimpan dalam unit pendingin karena kesegarannya akan lebih terjaga jika diletakan di tempat terbuka.

Selain itu, pilihlah bunga mawar yang baru dipetik. Caranya, meremas bunga mawar dengan lembut pada bagian kelopak mengumpul pada tangkai.

Jika kelopak terasa licin dan longgar maka bunga sudah dalam kondisi lama. Sebaliknya, jika kelopak bunga masih kencang dan lembut, berarti mawar tersebut masih segar dan baru dipetik.


Memilih vas yang bersih
Ketika Anda ingin menempatkan bunga di dalam sebuah vas, pilihlah yang bersih. Jika perlu, vas tersebut dicuci terlebih dahulu menggunakan sabun dan air hangat agar dapat menghilangkan bakteri.

Setelah itu, isi vas tersebut dengan air bersih dan segar. Selanjutnya, masukan bunga ke dalam vas dengan catatan membuang daun yang terdapat pada tangkai yang terndam air

Memotong tangkai secara berkala
Selain mengganti air yang terdapat dalam vas bunga, Anda juga harus memotong tangkai bunga mawar sekita enam hingga delapan inchi secara berkala. Hal itu dilakukan agar jarak antara air dan kelopak bunga lebih pendek sehingga menjaga tingkat hidrasi bunga agar tetap segar.

Lakukan langkah tersebut hingga tangkai bunga habis dan hanya meninggalkan kelopak mawar. Kemudian, tempatkan bunga kelopak bunga dalam sebuah vas bunga yang lebih kecil dan diisi air untuk menjaga kesegaran kelopak bunga.

 


(ELG)