Seberapa Dewasa Hubungan Anda dengan Pasangan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 01 Jun 2016 12:10 WIB
romansa
Seberapa Dewasa Hubungan Anda dengan Pasangan?
(Foto: Eldiablo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lamanya sebuah hubungan tak menjamin kualitas hubungan tersebut, termasuk kedewasaan kedua individu dalam menjalaninya.

Lantas, bagaimana cara mengukur tingkat kedewasaan sebuah hubungan?

1. Diskusi, bukan argumentasi

Pasangan yang memiliki pemikiran dewasa mendiskusikan perbedaan yang dihadapi. Saat berdiskusi, Anda berusaha mengerti sudut pandang pasangan dan menjelaskan pendapat secara jelas tanpa menggunakan nada suara tinggi. Sementara, pasangan yang masih kekanak-kanakan akan saling berargumentasi.

2. Tidak selalu mencari perhatian

Pasangan yang telah dewasa tidak selalu mencari perhatian satu sama lain. Memberikan dan menikmati perhatian dari orang terkasih memang terasa indah, tetapi pasangan yang berpemikiran dewasa tak selalu menuntutnya.

3. Tahu waktu

Pasangan dewasa tahu kapan saatnya serius atau bercanda. Ada saatnya berlaku seperti orang dewasa, ada saatnya boleh manja. Jika Anda terus berlaku seperti anak kecil dan membuat masalah, itu artinya belum ada kedewasaan dalam hubungan tersebut.

4. Tidak ada rahasia

Hubungan yang dewasa tidak menyembunyikan rahasia di antara kedua individu. Keduanya menunjukkan sisi asli dan saling menerima kekurangan satu sama lain.

5. Selalu mendampingi pada setiap fase

Pasangan dewasa saling membantu dalam setiap fase yang dialami satu sama lain. Sementara, pasangan yang belum dewasa sibuk pada kemajuan diri masing-masing.

6. Tujuan jelas

Pasangan dewasa mengetahui secara jelas apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka harapkan dari hubungan tersebut, baik secara fisik maupun emosional.

7. Tahu kapan saatnya diam

Pasangan dewasa tahu bahwa diam lebih penting daripada berargumen sepanjang waktu. Sementara, pasangan yang tidak dewasa terus membicarakan hal tak penting yang terkadang berpotensi memicu pertengkaran.


(DEV)