8 Alasan Kenapa Diam Saat Bertengkar Bisa Merusak Hubungan

Torie Natalova    •    Rabu, 20 Apr 2016 13:44 WIB
romansa
8 Alasan Kenapa Diam Saat Bertengkar Bisa Merusak Hubungan
Hindari bersikap diam saat bertengkar dengan pasangan. (Foto:Mirror.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para peneliti mengatakan bahwa diam adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan pasangan untuk meredam emosi atau mengatasi konflik dalam hubungan mereka. Padahal, bersikap diam bisa membahayakan hubungan asmara Anda dengan si dia. 

1. Tidak sopan
Jika Anda membicarakan masalah dengan orang lain dan justru bukan dengan si dia, ini menunjukkan rasa hormat yang hanya sedikit pada pasangan. Sebaiknya, pasangan Anda adalah orang pertama yang diajak bicara jika ada sesuatu yang tak beres dengan hubungan Anda dan dia.

2. Tidak produktif
Jika pasangan harus menebak kesalahannya, ini bisa membawa masalah baru dalam hubungan Anda karena dia tidak tahu apa kesalahannya yang membuat pertengkaran terjadi.

3. Hukuman
Diam sebagai bentuk hukuman pada pasangan seperti menghukum anak-anak yang nakal. Bagaimana Anda bisa menghukum si dia yang tidak menyadari kesalahannya atau tidak miliki kesempatan untuk menebus kesalahannya?

4. Siklus
Diam saat mengatasi konflik adalah kebiasaan yang Anda dan pasangan lakukan. Ini terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik di antara keduanya. Parahnya, mereka tidak melihat bagaimana perilaku mereka sendiri lah yang berkontribusi pada proses yang tak berujung tersebut.

5. Diam lebih baik dari kata-kata
Ini sangat membahayakan hubungan Anda dan dia. Diam tak bisa memecahkan masalah yang terjadi. Meski terkesan baik-baik saja dalam mengatasi masalah, sebenarnya Anda dan dia sangat dirugikan jika berdiam diri.

6. Mengontrol keadaan
Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah diam mampu mengontrol situasi yang sedang "panas". Namun, orang yang meredam emosi dengan diam adalah orang yang tak berdaya karena mereka tidak mampu mengungkapkan perasaan dengan kata-kata. 

7. Kemarahan bisa salah menilai
Jika Anda tidak mengakui atau menyatakan emosi Anda, maka kemarahan akan memperburuk situasi. Karena si dia merasa Anda tidak bisa mengungkapkan perasaan yang dirasakan atas situasi yang sedang terjadi.

8. Sebuah kebiasaan
Diam bisa menjadi kebiasaan yang memang terjadi dalam hubungan Anda dan dia. Ini terjadi karena Anda atau si dia memilih diam saat bertengkar karena takut berbicara dan mengantisipasi terjadinya pertengkaran yang lebih besar.


(LOV)