Penelitian: Orang Sarkastis Lebih Kreatif

   •    Sabtu, 05 Dec 2015 16:10 WIB
 Penelitian: Orang Sarkastis Lebih Kreatif
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seseorang yang memiliki pribadi sarkastis bukan berarti orang yang berperilaku buruk. Meskipun orang sarkastis termasuk tipikal orang yang selalu berkomentar blak-blakan yang mungkin menyakiti hati orang lain, pada dasarnya mereka berkata apa adanya.

Menjadi orang yang sarkastis bukan sebuah aib. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila tumbuh dengan pribadi ini. Dan berikut beberapa di antaranya.

1. Kesehatan otak membaik
Penelitian menunjukkan bahwa sarkasme bisa menjadi hal yang baik untuk fungsi kognitif. Bahkan, bila hidup tanpa pernah berkata sarkastik bisa menjadi masalah pada otak seperti demensia.

Para ilmuan juga telah menemukan bahwa sarkasme membekas dalam gyrus parahippocampal, bagian dari otak yang berhubungan dengan memori. Artinya, daya ingat Anda akan semakin meningkat.

2. Membantu memilih teman
Orang sarkastis cenderung pintar memilih teman yang benar-benar teman. Ada penelitian yang menunjukkan hidup dikelilingi orang yang menghargai Anda itu baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Pandai menunjukkan kasih sayang
Biasanya godaan yang dilontarkan orang sarkastis bisa berarti lain. Contohnya, aku membencimu, padahal dia ingin mengatakan aku mencintaimu. Nah, psikolog mengungkapkan bahwa mengucapkan kalimat cinta setiap saat dapat menimbulkan rasa bosan.

4. Lebih kreatif
Penelitian teranyar menemukan bahwa orang sarkastis tidak hanya pintar namun juga kreatif dalam berbagai hal.

5. Bicara apa adanya
Saat dalam mode serius, orang sarkastis cenderung bicara apa adanya. Ini bagus karena menunjukkan bahwa Anda bukanlah orang yang munafik. Kejujuran juga merupakan kunci untuk membangun suatu hubungan dengan orang lain. (Sumarni/ Huffingtonpost)

ASA