Mengatasi Biang Keringat

Yatin Suleha    •    Selasa, 17 Jan 2017 08:49 WIB
kesehatan kulit
Mengatasi Biang Keringat
Biang keringat sendiri disebabkan produksi kelenjar keringat yang terlalu banyak. Gejala yang ada yaitu, rasa gatal yang menyengat, kulit kemerahan, dan ada bentolan yang berair di kulit. (Foto: Newkidscenter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Biang keringat biasanya terjadi jika suhu udara panas dan lembap. Biang keringat juga bisa terjadi baik pada si kecil maupun orang dewasa.

Menurut Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D, yang merupakan seorang psychoanalyst, graphologist, sexologist, serta marriage & family therapist, biang keringat merupakan gangguan kulit yang sering ditemukan pada bayi dan balita. 

(Baca juga: Kenali Gangguan Kulit pada Bayi)

"Biang keringat sendiri disebabkan produksi kelenjar keringat yang terlalu banyak. Gejala yang ada yaitu, rasa gatal yang menyengat, kulit kemerahan, dan ada bentolan yang berair di kulit. Ini bisa dicegah dengan menghindari penghalang penguapan keringat. Jadi sebaiknya tidak menggunakan baju yang berlapis pada anak," ungkap Dr. Dono.



Dr. Dono memberikan saran bila si kecil berkeringat, sebaiknya basuh dengan washlap basah kemudian keringkan. "Dan yang tak kalah penting gunakan baju yang longgar dan menyerap keringat. Segera ganti bila baju anak yang dikenakan terlihat basah," tambahnya lagi.







(TIN)