Lima Ribu Nama Asep Berkumpul Demi Misi Sosial

Putu Radar Bahurekso    •    Kamis, 18 Feb 2016 12:57 WIB
kultur
Lima Ribu Nama Asep Berkumpul Demi Misi Sosial
Asep Kambali, Presiden PAD (Foto: Putu Radar Bahurekso/Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asep adalah nama yang sangat identik dengan masyarakat suku Sunda. Uniknya, orang-orang yang bernama Asep ini berkumpul dalam sebuah komunitas bernama Paguyuban Asep Dunia (PAD).

Saat ini, PAD sudah memiliki lima ribu anggota bernama Asep.

Perkumpulan para Asep ini dibuat bukan sekadar iseng atas dasar kesamaan nama. Mereka memiliki satu tujuan yang ingin diwujudkan.

“Yang namanya Asep kan banyak, kami ingin agar para Asep ini bertemu antar Asep yang sukses. Dengan Asep yang belum sukses supaya bisa berbagi ide, pengalaman, juga mencari potensi di antara para Asep,” ujar Asep Kambali, Presiden Paguyuban Asep Dunia saat dijumpai di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (18/2/2016).

Paguyuban Asep ini tak hanya ingin memberi kontribusi pada sesama Asep saja. Mereka rupanya juga sering melakukan kegiatan sosial sebagai bakti kepada masyarakat. Salah satunya melakukan kegiatan bersih-bersih saat Car Free Day yang dilakukan Paguyuban Asep Dunia DPW Jakarta.

“Kita juga berusaha untuk berkontribusi bagi negara dan lingkungan sekitar kita. Misalnya, ikut aksi bersih-bersih Car Free Day. Saat ada kabut asap di Sumatera dan Kalimantan pun kita buat gerakan bernama 'Asep Melawan Asap. Ini wujud bahwa kita peduli," tambahnya.

Lebih lanjut, tujuan dikumpulkannya para Asep ini bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda sebagai warisan budaya bangsa. 

PAD pernah membuat konferensi yang disebut KAA yang merupakan kepanjangan Konferensi Asep Asep. Konferensi ini bertujuan menambah anggota dan mencari Asep di daerah lain. 

“Ternyata yang namanya Asep itu tidak hanya ada di daerah Sunda, di daerah lain juga ada. Saya pernah ketemu nama Asep di Padang dan Jambi. Bahkan pernah ada pernikahan antara Asep dan Asep, maksudnya yang pria namanya Asep, dan yang perempuan namanya Asep," pungkas Asep sambil tertawa. 

Paguyuban Asep Dunia pertama kali dibentuk pada 1 Agustus 2010. Perkumpulan Asep ini sebenarnya sudah digagas sejak 2008. Namun, saat itu wujudnya masih berupa grup di Facebook dengan nama "How Many Asep There Are in Facebook?"

PAD juga memiliki dewan perwakilan di berbagai provinsi di Indonesia. Ada juga perwakilan beberapa negara luar negeri yang tentunya juga bernama Asep. Mereka berasal dari Inggris, Mesir, Amerika Serikat, dan Australia.


(DEV)