Apa yang Ada dalam Pikiran Anak Balita?

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 08 Dec 2015 07:45 WIB
bayi
Apa yang Ada dalam Pikiran Anak Balita?
Anak usia 5 tahun mulai mengembangkan rasa independen (Foto:Healthfitnessrevolution.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak umur empat hingga enam tahun memang menggemaskan. Berbagai tingkah laku mereka kadang membuat orang tua terheran-heran.

Sebenarnya, apakah yang ada di dalam pikiran anak usia empat hingga enam tahun?

Umur 4 tahun

Anak pada usia ini menemukan dunia baru. Transisi dari kehidupan rumah ke dunia yang lebih independen di luar keluarga. Mereka butuh banyak dukungan sekaligus ruang untuk mencari tahu.

- Banyak bermain
Mereka tercipta untuk bermain dan belajar menjelajah lingkungan. Berikan mereka banyak waktu dan kesempatan untuk melakukannya.

- Tertarik pada orang lain
Beranikan anak untuk bertemu dengan orang lain. Pada momen ini kemampuan dalam hubungan sosial bisa berkembang.

- Banyak berbicara
Bahasa dan kemampuan komunikasi adalah hal yang penting pada usia ini. Mereka mulai membangun hubungan. Bantu kemampuan berbicara mereka dengan mengajaknya mengobrol.

Umur 5 tahun

Anak usia ini mulai mengembangkan rasa independen dan mengatur diri mereka sendiri. Ini saatnya menyertakan mereka sebagai bagian dari suatu kelompok sosial.

- Belajar tentang orang lain
Biarkan mereka tahu bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda.

- Memulai pertemanan
Anak mulai mebangun pertemanan yang lebih kuat. Biarkan dia bermain dengan teman sebayanya.

- Mengatur perasaan
Berbagai perasaan sudah bisa diekspresikan anak pada usia ini. Ajarkan untuk mengutarakan perasaan yang benar kepada anak dan tidak lepas kontrol dengan memberikan contoh sikap sabar.

Umur 6 tahun

Anak sudah bisa diperlakukan layaknya makhluk sosial. Mereka memulai perjalanan dengan mencari teman dan mengembangkan hubungan. Mereka bisa menentukan apakah cocok di suatu kelompok atau tidak.

- Berjiwa kompetitif
Kompetisi adalah sesuatu yang menyenangkan bagi mereka. Kompetisi mengajarkan keterampilan yang sangat penting untuk menjalani kehidupan pada masa dewasa, termasuk mengelola perasaan dan membina hubungan dengan orang lain.

- Menjadi bagian dari grup
Pada usia ini, anak sudah berhubungan dengan berbagai jenis orang, baik orang dewasa maupun teman sebaya. Mereka perlu mengembangkan keterampilan dalam hal berbagi dan membagi perhatian dan kasih sayang.

- Semakin kreatif dalam berbicara
Anak sudah pintar merangkai kata dan tidak ingin terlihat negatif. Kadang, mereka mulai berbohong. Secara sosial memang tidak baik, tapi ini sebenarnya adalah tanda keterampilan kognitif dan sosial yang canggih. Orang tua harus bisa mengarahkan anak ke arah yang lebih baik.


(ROS)