Tips Mengatasi Terbangun Tengah Malam

   •    Selasa, 08 Sep 2015 08:31 WIB
kesehatan
Tips Mengatasi Terbangun Tengah Malam
Jangan nyalakan lampu jika terbangun tengah malam (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda sering bangun tengah malam, lalu tidak bisa tidur lagi?

Menurut beberapa penelitian, hal itu wajar terjadi. Namun, tentu saja setelah bangun tengah malam, Anda harus kembali tidur agar mendapatkan tidur yang cukup.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar kembali tertidur usai terbangun tengah malam.

1. Jangan nyalakan lampu
Menurut Direktur Sleep Medicine Center, Christoper, setiap cahaya termasuk lampu dapat merangsang otak agar lebih waspada. Untuk itu, bila bangun tengah malam dan Anda menyalakan lampu, maka Anda akan susah tertidur kembali.

2. Membaca
Membaca akan membantu lekas tidur. Namun, lampu yang digunakan hanya lampu baca. Sebab cahaya sekecil apa pun akan membuat Anda selalu terjaga. Ingat, hindari baca-bacaan yang menarik, tapi lebih memilih bacaan yang membosankan.

3. Hindari main gadget
Radiasi perangkat elektronik terutama ponsel itu tidak baik. Alih-alih membuat Anda mengantuk, Anda malah akan semakin terjaga sepanjang malam.

4. Tetap berbaring
Saat bangun tengah malam, jangan lama-lama duduk atau berdiri. Sebab, bisa jadi tubuh menafsirkan sebagai alasan agar tetap terjaga. Usahakan tubuh tetap berbaring di atas ranjang.

5. Jangan makan
Makan bukan berarti membuat Anda kembali tidur. Camilan akan membuat kondisi otak dan tubuh untuk tetap terjaga di pagi hari. Jadi, jangan makan apapun saat Anda bangun tengah malam. Minum air putih tidak mengapa.

6. Lakukan relaksasi
Ini adalah teknik yang dikembangkan oleh dokter untuk mengurangi ketegangan otot dengan berfokus melepaskan satu kelompok otot tertentu pada suatu waktu. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan selama beberapa kali. (Sumarni/Prevention)


(ROS)