4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

   •    Jumat, 19 Jun 2015 14:33 WIB
kesehatan
4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan
Madu baik bagi kesehatan. (Foto:abc.net.au)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang memilih madu karena merupakan pemanis alami dan memiliki rasa yang lezat. Menurut National Honey Board, pemanis alami dari madu dapat membantu menyeimbangkan rasa baik dalam minuman ataupun makanan.

Selain rasanya yang lezat dan merupakan pemanis alami, tahukah Anda bahwa madu juga memiliki beberapa manfaat kesehatan? Berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan.

Membantu meredakan batuk

Menurut sebuah studi dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, madu cukup baik dalam menghilangkan gejala batuk dan memperbaiki tidur. Ketika seseorang minum madu, cairan manis akan melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi.

Membantu mengobati luka

Madu cukup terbilang ampuh dalam mengobati luka. Menurut Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, mereka menyebutkan bahwa penggunaan madu sebagai obat dan salep. Setiap jenis madu mungkin bisa membantu. Dalam sebuah penelitian di British Journal of Surgery, para peneliti Nigeria menggunakan madu untuk mengobati 59 pasien penderita borok yang sulit sembuh. Luka dan bisul yang terinfeksi menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah diberikan madu.

Meringankan masalah kulit

Madu juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit mengelupas. Sebuah studi di European Journal of Medical Research menggunakan madu mentah (90 persen madu diencerkan dalam air hangat) untuk mengobati 30 orang penderita dermatitis seborik, kondisi kulit kepala yang terkait dengan ketombe dan kulit gatal. Setelah peserta diberi campuran madu dengan lesi setiap hari selala empat minggu, rasa gatal menghilang dalam waktu satu minggu.

Meningkatkan energi

Karbohidrat yang hadir dalam madu juga dapat meningkatkan energi Anda. 17 gram karbohidrat dari satu sendok makan madu dapat membantu meningkatkan energi Anda. Tak hanya itu, selain menjadi sumber yang kaya akan antioksidan karbohidrat, madu juga berkontribusi dalam menstabilkan gula darah Anda. (Ningtriasih/Huffingtonpost)


(LOV)