Makan Mangga Bisa Sebabkan Jerawat?

   •    Sabtu, 13 Jun 2015 15:47 WIB
kesehatan
Makan Mangga Bisa Sebabkan Jerawat?
Buah mangga. (Foto:oregonlive.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mangga adalah buah musiman yang tidak selalu ada setiap hari. Jika sudah musim berbuah, banyak orang membeli buah mangga ini karena rasanya yang manis-manis asam. Banyak orang yang suka buah mangga, tetapi memutuskan untuk tidak memakannya karena khawatir terkena jerawat. 

Acne vulgaris atau lebih dikenal dengan jerawat adalah kondisi kulit jangka panjang yang ditandai dengan daerah komedo, jerawat, kulit berminyak, dan mungkin jaringan parut. Ini biasanya mempengaruhi orang-orang yang memiliki lebih banyak kelenjar minyak di wajah mereka, dada bagian atas, dan punggung.
 
Makanan yang tinggi gula memang dikaitkan bisa meningkatkan sekresi insulin. Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki indeks gula yang tinggi, yang berarti bisa membuat gula darah melonjak tinggi. Selain mangga, juga terdapat makanan lain yang sama, seperti cokelat, permen, dan kue-kue. 

Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa semua makanan ini tidak benar-benar memiliki efek yang buruk bagi kesehatan kulit.

Sebenarnya banyak orang yang salah presepsi. Makan mangga tidak serta merta bisa menyebabkan munculnya jerawat. Tetapi, karena mangga kaya akan gula, Anda hanya perlu membatasi dalam mengonsumsinya saja. Tidak masalah memakan mangga asal tidak secara berlebihan.
 
Lagi pula, buah mangga memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung banyak vitamin A, B, dan C. Selain itu, karena mangga sangat tinggi antioksidannya, mereka dikenal mampu melawan penyakit kanker. Manfaat lainnya, mangga dapat bekerja untuk membatasi karakteristik inflamasi pada sel-sel kanker, dan senyawa antioksidan yang tersedia di mangga telah dikenal memiliki efek positif pada usus besar dan kanker prostat, serta leukemia. (Sumarni/Healthmeup)



(LOV)