Cepat Lelah? Begini Cara Mengatasinya

   •    Kamis, 28 May 2015 20:37 WIB
kesehatan
Cepat Lelah? Begini Cara Mengatasinya
Foto: memsaab.com

Metrotvnews.com: Apakah Anda sering merasa lelah? Penyebab umum kelelahan termasuk kurang tidur, terlalu banyak minum kopi dan kadar zat besi yang rendah dalam darah.

Empat ahli seperti yang dikutip Healthista memberikan rekomendansi agar mampu mengalahkan rasa lelah saat menyerang Anda.

1. Cokelat Hitam (Dark Chocolate)
Cokelat hitam merupakan stimulasi alami, penuh antioksidan dan pendorong mood yang baik. Cokelat Hitam sangat cocok dikonsumsi untuk mengurangi kelelahan Anda.

2. Teh Jahe
Seduh teh dengan menggunakan sepotong jahe dan air panas. Minuman ini memiliki semacam pemicu semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jahe sangat tepat dalam merangsang dan menghilangkan rasa lelah Anda.

3. Pernapasan
Lakukan latihan pernapasan untuk meningkatkan kadar oksigen Anda. Tarik napas dalam empat hitungan, tahan di hitungan kelima dan hembuskan pada hitungan keenam. Bernapas dengan baik ternyata bisa mengurangi rasa letih.

4. Kurangi pemakaian gadget di malam hari
Berhentilah menggunakan alat-alat elektronik saat malam tiba. Karena saat siang hari, berada lama di depan laptop, ponsel dan alat elektronik lainnya akan mengurangi hormon alami. Jika tetap melakukan di malam hari, sistem hormon akan semakin terganggu.

5. Jangan minum berlebihan
Sebelum tidur upayakan tidak meminum cairan secara berlebihan. Karena kandung kemih akan banyak terisi dan membuat waktu tidur serta istirahat Anda tidak nyenyak karena Anda akan terbangun untuk pergi ke toilet.

6. Olahraga
Untuk menjaga pasokan energi yang stabil, lakukan olahraga ringan sebelum melakukan aktivitas harian Anda.

7. Merenung
Anda harus meluangkan waktu untuk merenung dan merencanakan apa yang akan Anda lakukan. Hal itu akan membantu Anda untuk fokus serta Anda akan termotivasi untuk produktif dalam kegiatan Anda setiap harinya.

8. Berbaringlah
Dengan mengambil waktu berbaring sebentar merupakan cara yang ampuh untuk menurunkan sistem saraf Anda yang tegang. (Sumarni)


(AWP)