Kebiasaan yang Memicu Sakit setelah Liburan

Raka Lestari    •    Rabu, 06 Dec 2017 08:57 WIB
tips kesehatan
Kebiasaan yang Memicu Sakit setelah Liburan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Ritual berlibur yang dilakukan setiap akhir tahun bisa memberi suntikan energi baru, tetapi bisa juga sebaliknya. Beberapa faktor dapat memicu sakit usai liburan seperti dilansir Reader's Digest.

1. Terlalu banyak makan makanan manis
 
"Ada bukti bahwa konsumsi gula mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi," ujar Kathryn Boling, MD, dokter obat keluarga di Mercy Medical Center di Baltimore. Mengonsumsi gula bisa menghentikan fagositosis, proses di mana sel darah putih menyerang dan menelan virus dan bakteri hingga 50 persen. Untuk menjaga agar tetap sehat, konsumsi camilan sehat sebelum  pergi berlibur dan pilih minuman bebas gula.

2. Dehidrasi

"Virus berkembang biak jauh lebih efektif pada selaput lendir kering daripada pada selaput lendir lembab, batuk dan pilek menyebar dengan sangat cepat di lingkungan yang kering," kata Dr Boling. Banyak minum air putih dan oleskan pelembab agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

3. Pola tidur berubah

"Gangguan pada rutinitas tidur harian bisa menjadi pemicu sakit kepala." kata Dr Boling.

4. Menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah

"Tidak terpapar sinar matahari, cenderung lebih banyak tidur, dan kurang berolahraga menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lemah," kata Dr Vyas, dokter keluarga dari Cleveland Clinic. Orang dewasa dengan tingkat vitamin D yang rendah cenderung lebih mudah sakit.

5. Terlalu banyak berbelanja

Lebih banyak berbelanja saat liburan membuat Anda harus sering bersentuhan dengan uang tunai, membuka pintu toko, menggunakan atm yang mengandung banyak kuman. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Anda atau gunakan gel pembersih tangan sebelum Anda makan.




(DEV)