Beban Berat Dapat Merusak Postur Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 23 Dec 2017 18:45 WIB
kesehatan
Beban Berat Dapat Merusak Postur Tubuh
Beban Berat Dapat Merusak Postur Tubuh (Foto: istock)

Jakarta: Meskipun tak berukuran besar, kebanyakan wanita membawa beban yang berlebih dalam tas. Padahal, kebiasaan tersebut akan memberi dampak buruk pada kesehatan.

"Ketika Anda membawa tas yang berat pada bahu, Anda harus membawanya secara bergantuan dengan bahu lain, atau akan langsung jatuh. Selain itu, semakin lama Anda memegang tas, semakin Anda menahan punggung dengan posisi melengkung," papar dokter bedah ortopedi Dr. Sabrina Strickland.

Akibatnya, Anda bisa mengalami sakit pada bagian punggung, leher, bahu, dan otot. Pada anak, bahkan bisa menyebabkan skoliosis.

Berikut adalah beberapa cara membawa tas agar postur tubuh tak terganggu.

1. Membawa dua tas
Daripada membawa satu tas ransel yang berat, lebih baik membawa dua tas dan meletakkannya di masing-masing bahu. "Pisahkan beban, dua tas adalah cara terbaik."

2. Ringankan bawaan
Sebuah penelitian dalam Journal of Physical Therapy Science menyebutkan beban yang dibawa tak boleh lebih berat dari 10 persen berat badan. Oleh karena itu, ketika beban dalam tas sudah lebih dari lima persen berat badan, sebaiknya membawa dua tas.

3. Pilih tas ransel
Kebanyakan orang senang mengenakan tas ransel. Padahal, Strickland berpendapat tas samping lebih baik, meskipun dapat membuat bagian leher menegang. Jika Anda membawa tas bahu, cobalah hindari hanya membawa pada satu bahu terus-menerus.

4. Tingkatkan kekuatan otot
Bagian inti yang kuat membuat Anda tetap bisa berdiri tegak meskipun membawa beban berat. Oleh karena itu, cobalah olahraga yang menguatkan bagian inti tubuh seperti plank, sit-up, atau olahraga punggung.

"Postur tubuh yang bagus tergantung pada kekuatan inti tubuh, dan sebaliknya," ujar Strickland.



 


(ELG)