Ini Waktu yang Tepat Memberikan Asupan Makanan pada Bayi

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 05 Jan 2018 15:41 WIB
perkembangan anakair susu ibu
Ini Waktu yang Tepat Memberikan Asupan Makanan pada Bayi
"Memperkenalkan bayi untuk makanan pelengkap terlalu dini dapat menyebabkan mereka kehilangan nutrisi penting yang berasal dari ASI dan susu formula," ujar pemimpin penelitian Chloe M. Barrera. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Banyak orangtua tidak mengetahui kapan waktu yang tepat memberikan bayi asupan makanan selain air susu ibu (ASI). Sebab, terlalu cepat atau lambat dapat berdampak tidak baik terhadap bayi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, banyak orangtua mulai memberikan asupan makanan selain air susu ibu (ASI) atau susu formula kepada bayi sebelum waktu yang seharusnya. 

Pemimpin penelitian Chloe M. Barrera, terlalu cepat memberikan makanan non ASI atau susu formula sangat tidak baik bagi bayi. Pasalnya, dapat mengurangi nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

"Memperkenalkan bayi untuk makanan pelengkap terlalu dini dapat menyebabkan mereka kehilangan nutrisi penting yang berasal dari ASI dan susu formula," kata Barrera saat dikutip dari Eurekalert.org.


("Memperkenalkan bayi untuk makanan pelengkap terlalu dini dapat menyebabkan mereka kehilangan nutrisi penting yang berasal dari ASI dan susu formula," ujar pemimpin penelitian Chloe M. Barrera. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: MPASI di Usia 4 Bulan, Bolehkah?)

Sebaliknya, terlambat memperkenalkan atau memberikan makanan non-ASI atau susu formula kepada bayi juga tidak baik. Sebab, potensi kekurangan gizi, alergi, dan diet buruk di kemudian hari membayangi si kecil.

Lalu, kapan waktu yang tepat memberikan bayi makanan non-ASI? Barrera menjawab seharusnya anak mulai mengonsumsi makanan non-ASI atau susu formula ketika memasuki usia enam bulan. 

Oleh karenanya, Barrera sangat menyarankan dibutuhkan edukasi kepada orangtua atau pengasuh kapan waktu yang tepat memberikan makanan non ASI atau susu formula kepada bayi. 

"Inklusi anak-anak di bawah dua tahun dalam Pedoman Diet 2020-2025 untuk orang Amerika dapat mempromosikan pesan yang konsisten kapan anak-anak harus diperkenalkan pada makanan pelengkap," ujar dia.









(TIN)