Studi: Minum Kopi Mampu Cegah Kerusakan DNA

Raka Lestari    •    Minggu, 05 Nov 2017 09:31 WIB
kopi
Studi: Minum Kopi Mampu Cegah Kerusakan DNA
Kini, penelitian baru yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition mengatakan bahwa minuman kopi secara teratur dan tidak berlebihan bisa melindungi DNA Anda dari kerusakan juga. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi setiap hari memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari memperbaiki ingatan Anda hingga melindungi otak Anda dari demensia.

Kini, penelitian baru yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition mengatakan bahwa minuman kopi secara teratur dan tidak berlebihan bisa melindungi DNA Anda dari kerusakan juga.

Untuk penelitian mereka, peneliti secara acak membagi 84 pria sehat menjadi dua kelompok. Setengah dari peserta minum 750 ml kopi setiap hari selama empat minggu, sementara separuh lainnya menerima 750 ml air untuk periode waktu yang sama. Para peserta menghindari produk kafein tambahan selama penelitian dan tetap melakukan kebiasaan sehari-hari mereka yang lain.



(Baca juga: Ini Jumlah Kalori Saat Anda Minum Kopi)

Kedua kelompok menunjukkan kondisi DNA yang serupa pada awal penelitian. Namun setelah empat minggu, mereka yang minum kopi menunjukkan kerusakan DNA 27 persen lebih sedikit daripada kelompok yang tidak minum kopi. 

Molekul yang sangat reaktif yang diproduksi selama siklus metabolisme normal adalah penyebab kerusakan DNA. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari senyawa bioaktif yang tercipta selama proses pemanggangan biji kopi dapat menangkal molekul tersebut dan mencegah kerusakan DNA Anda.










(TIN)