Kunyit Bantu Tingkatkan Suasana Hati dan Cegah Pikun

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 26 Jan 2018 15:26 WIB
kesehatan mental
Kunyit Bantu Tingkatkan Suasana Hati dan Cegah Pikun
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa rempah kunyit dapat meningkatkan ingatan dan suasana hati. Kandungan kurkumin dalam kunyit bekerja sebagai anti-peradangan dan antioksidan.

Studi yang dipublikasi dalam American Journal of Geriatric Psychiatry tersebut mencaritahu efek dari bumbu tersebut pada orang-orang yang mulai mengalami kehilangan ingatan karena faktor usia.

"Bagaimana kurkumin dapat memberi efek positif memang belum jelas, namun kemampuan kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer dan depresi berat," ujar penulis studi Dr Gary Small, direktur psikiatri geriatrik di Longevity Center University of California Los Angeles (UCLA) seperti dilansir dari Independent.

Para partisipan terdiri dari 40 orang berusia 50-90 tahun dengan masalah ingatan ringan. Sebagian dari mereka diberik 90 miligram kurkumin dua kali sehari selama 18 bulan, sementara sisanya diberi plasebo.

Setelah memonitor tingkat kurkumin dalam darah, melakukan tugas kognitif, dan scan PET; studi tersebut menemukan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada ingatan dan suasana hati.

Dalam tes ingatan, mereka yang mengonsumsi cairan kunyit mengalami peningkatan sebanyak 28 persen selama 18 bulan dan menunjukkan perbaikan ringan dalam disposisi mereka secara keseluruhan.

Para peneliti berniat melakukan penelitian dengan skala lebih besar. Mereka juga berharap dapat melihat efek lain pada mereka yang memiliki risiko genetik Alzheimer atau depresi ringan.

"Hasil ini menunjukkan bahwa kurkumin relatif aman dan bisa memberikan peningkatan pada fungsi kognitif selama bertahun-tahun," ia menyimpulkan.




(DEV)