Ini Akibatnya jika Tubuh Kelebihan Asupan Protein

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 28 Nov 2017 09:00 WIB
tips kesehatan
Ini Akibatnya jika Tubuh Kelebihan Asupan Protein
Kelebihan supan protein memberi dampak buruk bagi tubuh (Foto: Women's Health)

Jakarta: Protein memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membangun otot dan organ tubuh lainnya. Namun, seperti kata pepatah "segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik" juga berlaku untuk protein.

Adapun protein yang diperlukan tubuh dalam sehari yaitu 0,8 gram per berat badan. Ini akibatnya jika tubuh kelebihan asupan protein seperti dilansir dari Time.

 
1. Bau mulut
 
Telalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein tetapi sedikit karbohidrat dan lemak bisa menyebabkan bau mulut. Sebab, tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar dan menghasilkan asam keton.
 
2. Menurunkan suasana hati
 
Efek kedua terlalu banyak mengonsumsi protein ternyata berpengaruh terhadap suasana hati. Kelebihan protein akan mengurangi asupan kandungan lain yang dibuthkan oleh tubuh, salah satunya karbohidrat yang menjadi bahan bakar untuk menghasilkan energi. Jika asupan karbohidrat tidak mencukupi, maka pikiran kita mulai mengirimkan sinyal tertekan.
 
3. Haus
 
Efek selanjutnya kelebihan protein yaitu menimbulkan rasa haus yang berlebihan. Sebab, ginjal akan bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan protein dalam tubuh dan membuat tubuh dehidrasi. 
 
4. Lelah
 



(DEV)