Pertanda Seseorang Memiliki Harga Diri Rendah

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 30 Nov 2017 12:32 WIB
Pertanda Seseorang Memiliki Harga Diri Rendah
Salah satu masalah mental yang dapat berdampak pada perilaku dan pemikiran negatif adalah turunnya harga diri yang penyebabnya adalah beragam. (Foto: Francisco Moreno/Unsplash.com)

Jakarta: Perilaku seseorang akan berubah ketika ia mengalami suatu hal yang berkaitan dengan mental. Umumnya, perubahan tersebut disadari oleh orang-orang terdekat.

Salah satu masalah mental yang dapat berdampak pada perilaku dan pemikiran negatif adalah turunnya harga diri yang penyebabnya adalah beragam.

Bila Anda memiliki orang terdekat yang mengalami perubahan perilaku seperti berikut, kemungkinan besar ia tengah memgalami krisis harga diri.

(Baca juga: Cintai Diri Sendiri, Salah Satu Cara Meningkatkan Optimisme)

1. Agresif
Karena merasa tak puas dengan diri sendiri, ia akan berpikir bahwa dirinya tak berharga sehingga kerap kali menjadi agresif.

2. Diremehkan oleh lingkungan sekitar
Karena ia merasa dirinya rendah, maka ia merasa perlakuan buruk atau diremehkan oleh orang-orang sekitar seperti keluarga, teman, atau pasangan adalah hal yang wajar.


(Perilaku seseorang akan berubah ketika ia mengalami suatu hal yang berkaitan dengan mental. Foto: Nik Shuliahin/Unsplash.com)

3. Berpikiran negatif
Orang yang merasa harga dirinya rendah cenderung memikirkan konsekuensi negatif yang tak mungkin terjadi. Karena ia berpikir tak berhak mendapatkan apapun, ia pikir hanya hal buruk yang pantas didapatnya.

4. Cemas secara sosial
Masalah rasa cemas adalah hal yang umum dialami tipikal ini. Perasaan sedih yang terus melanda membuatnya selalu gelisah. Ia percaya bahwa tak ada orang yang mau menerimanya.

5. Tak bisa menerima pujian
Karena selalu merasa rendah diri, ia merasa tak pantas mendapat pujian. Ia bereaksi aneh ketika orang lain memujinya. Bahkan, ia berpikir pujian tersebut tak benar.

6. Memiliki harapan kecil
Ia tak banyak berharap pada dirinya atau orang sekitar, baik itu tentang pekerjaan, keluarga, teman, hingga jodoh. 








(TIN)