Sering Gunakan Pengering Bikin Rambut Cepat Menua

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 12 Oct 2017 17:43 WIB
tips & trik
Sering Gunakan Pengering Bikin Rambut Cepat Menua
(Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak hanya kulit, rambut pun bisa mengalami penuaan. Ada dua penyebab baik secara internal maupun eksternal.

Pada dasarnya, bagian rambut yang menua adalah folikel dan batang rambut. Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut tumbuh.

"Penuaan folikel terlihat dari munculnya uban. Umumnya terjadi ketika berusia 40-an," terang dr Liza Widjaja M biomed AAM selaku konsultan dari Beauty Medika dalam seminar kecantikan di pameran Cosmobeaute Indonesia 2017, Kamis (12/10/2017).

Pada dasarnya, rambut akan bertahan di folikel selama 2-6 tahun bila tak memiliki masalah atau kelainan khusus saat masih berusia muda atau produktif. Seiring berjalannya waktu, rambut akan menua, terlepas dari gaya hidup yang juga memberi efek secara signifikan pada proses tersebut.

Terdapat empat penyebab penuaan rambut. Pertama, secara genetik yang ditandai rambut menjadi tipis. Ketika menginjak usia 40-an, risiko kebotakan dan munculnya uban tak bisa dihindari.

Kemudian, kurangnya vitamin untuk rambut juga turut berpengaruh. Beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin B13, vitanin D3, kalsium, dan biotin. Tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi tersebut dapat memberi efek buruk pada rambut.

Ketiga, adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, misalnya kurangnya hormon tiroid yang membuat rambut menipis. Pada pria, penurunan hormon testosteron dapat memicu kebotakan.

Terakhir adalah faktor eksternal yang dapat membahayakan kesehatan rambut secara keseluruhan, terutama batang rambut. Paparan  sinar matahari berlebih, penggunaan pengering rambut, mewarnai rambut, mengeriting, atau meluruskan rambut adalah beberapa hal yang membuat rambut cepat menua.




(DEV)