Tips Hindari Perut Kembung Saat Makan

Torie Natalova    •    Senin, 23 Oct 2017 08:38 WIB
kesehatan
Tips Hindari Perut Kembung Saat Makan
Saluran pencernaan bekerja baik bila kondisi lingkungan mendukung fungsinya. (Foto: Ali Inay/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin tak menyadari bahwa cara makan berkaitan dengan risiko perut kembung. Apa yang Anda makan, bagaimana cara Anda makan dan bahkan apa yang Anda pikirkan saat saat makan, semuanya dapat mempengaruhi pencernaan Anda.

Selain mempengaruhi pencernaan, cara Anda makan juga dapat mempengaruhi bagaimana tubuh Anda memproses makanan. Cobalah untuk menggabungkan lima cara ini setiap kali Anda makan.

1. Konsumsi bahan makanan yang baik
Pilih makanan yang tidak mengandung pestisida atau bahan yang secara genetik dapat merusak lapisan usus sehingga menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah kronis lainnya.

Idealnya, pilih sayuran atau bahan makanan organik karena semakin alami bahan makanan yang Anda makan, semakin sedikit pekerjaan yang harus dilakukan tuuh untuk memecahnya dan mencernanya.

2. Jangan buru-buru
Ada banyak proses rumit yang terjadi saat Anda makan, jadi pastikan meluangkan lebih banyak waktu saat makan atau makan dengan santai. Makan tanpa terburu-buru juga bisa membantu menjaga berat badan sehingga Anda tidak berlebihan makan ketika sudah kenyang.



(Baca juga: Trik Jitu Mengatasi Perut Kembung)

3. Lebih banyak mengunyah
Salah satu cara untuk menghindari makan terburu-buru adalah memastikan Anda mengunyah makanan lebih banyak. Ini karena makin sering mengunyah makanan, enzim amilase yang diperlukan untuk memecah pati semakin banyak dilepaskan. Sehingga, makanan Anda dapat bergerak melalui saluran pencernaan dengan lancar.

4. Jangan minum terlalu sering saat makan
Saluran pencernaan bekerja baik bila kondisi lingkungan mendukung fungsinya. Kondisi itu mencakup pengoptimalan pH, yang membantu pelepasan cairan lambung dan aktivasi enzim pencernaan yang dirancang untuk memecah partikel makanan menjadi senyawa yang lebih kecil.

Bila Anda terlalu banyak minum air pada waktu makan, pH akan diencerkan dan mencegah enzim bekerja. Hal ini menyebabkan partikel makanan yang lebih besar amsuk ke saluran cerna sehingga dapat menyebabkan iritasi dan kurangnya penyerapan mikronutrien.

Selain itu, saluran pencernaan mencoba untuk secara mekanis membuat apa yang kurang enzimatik dan Anda mungkin mengalami kram atau kembung saat sistem Anda berjuang memecah partikel makanan yang terlalu besar.






 


(TIN)