5 Kelalaian yang Sering Dilakukan Pemakai Lensa Kontak

Raka Lestari    •    Selasa, 14 Nov 2017 12:32 WIB
tips & trik
5 Kelalaian yang Sering Dilakukan Pemakai Lensa Kontak
(Foto: Women's Health)

Jakarta: CooperVision Biofinity menemukan temuan baru mengenai lensa kontak yang lebih baik dan tahan terhadap paparan cahaya layar komputer. Meskipun begitu, bukan berarti tanpa risiko, terutama jika Anda tak merawatnya lensa kontak dengan baik.

Tak sedikit pemakai lensa kontak melakukan kelalaian seperti berikut ini.

1. Memakainya sambil tidur

Menggunakan lensa kontak sambil tidur dapat membahayakan kornea mata. "Kurangnya asupan oksigen ke mata dapat meningkatkan terjadinya luka terbuka, yang berpotensi menghilangkan penglihatan Anda sebanyak 10 kali," ujar Lisa Park, MD, profesor oftalmologi di Columbia University Medical Center, kota New York.

2. Memakainya sambil mandi

Air menyebabkan kontak lensa mengembang, berubah bentuk, dan mudah menempel pada mata yang bisa menggores kornea, sehingga memudahkan bakteri penyebab infeksi masuk.

3. Tidak membersihkannya secara benar

Cara yang benar untuk membersihkan soft lens Anda adalah dengan mencuci tangan Anda lalu dikeringkan, gosok lensa dengan larutan pembersih untuk menghilangkan lendir yang tersisa, dan endapan yang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, lalu bilas dengan benar dengan larutan yang sama lalu kemudian rendam dengan larutan khusus soft lens semalaman.

4. Tidak memerhatikan tanggal kadaluarsa

Menyimpan kontak lensa dalam waktu yang terlalu lama dapat menimbulkan mikroorganisme dan endapan protein yang menumpuk di lensa sehingga memacu infeksi yang bisa menyebabkan kerusakan penglihatan dalam jangka panjang.

5. Tidak memperhatikan

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, wadah kontak lensa adalah  tempat berkembang biak bagi kuman mikroskopik yang dapat menyebabkan infeksi. Kosongkan dan bilas kotak kontak lensa Anda dengan larutan pembersih lalu goyang-goyangkan wadah dan keringkan di atas handuk bersih.




(DEV)