3 Tanda Tubuh Mengindikasikan Sebenarnya Anda Stres

Yatin Suleha    •    Selasa, 14 Nov 2017 14:03 WIB
3 Tanda Tubuh Mengindikasikan Sebenarnya Anda Stres
Stres bisa merubah fungsi track Gl (glikemiks indeks) lebih dari satu kali. Hal tersebut bisa menyebabkan tubuh Anda memproduksi asam dalam pencernaan. (Foto: Ben White/Unsplash.com)

Jakarta: Menurut survei yang diadakan oleh American Psychological Association, saat ini banyak sekali warna Amerika Serikat yang lebih stres dibandingkan waktu sebelumnya. Dan hampir lebih dari sepertiganya mengatakan bahwa dampaknya bukan hanya pada kesehatan mental mereka, melainkan juga ke fisik.

Jika Anda memiliki beberapa tanda yang terjadi seeprti di bawah ini, sebenarnya tubuh Anda memberitahukan bahwa Anda sedang stres. Berikut ini adalah tanda tubuh yang mengindikasikan bahwa Anda stres.



1. Berat badan Anda fluktuatif

Stres melepaskan hormon kortisol, yang mana memperburuk proses gula darah dan merubah cara metabolisme tubuh Anda terhadap lemak, protein, karbo, dan ini bisa menambah atau malah mengurangi berat badan Anda.

Shanna Levine, MD, dokter utama sekligus instruktur klinis di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City mengatakan bahwa stres bisa membuat orang terkait akan perilaku yang buruk seperti tak nafsu makan atau justru malah akan makan berlebihan.

Apa yang harus Anda lakukan: Tetap makan makanan sehat, setidaknya snack Anda juga sehat seperti kacang-kacangan. Protein yang terkandung di dalamnya akan membantu Anda yang sedang merasa tak nafsu makan. Selain itu serat dalam kacang-kacangan bisa membantu tubuh Anda untuk sehat.

(Baca juga: Minuman untuk Menetralisir Asam Lambung)



2. Sering sakit kepala
Jika Anda sering merasa sakit kepala dan terkadang secara spontan kepala Anda tiba-tiba sakit, Anda mungkin sedang mengalami stres yang berlebihan. Saat stres, tubuh melepaskan kimia yang bisa menyebabkan perubahan pada saraf dan pembuluh darah di otak, yang mana hal ini membuat Anda sakit kepala.

Cenderung migrain? Ternyata stres bisa memicu saraf dan pembuluh darah lebih buruk lagi. Dan hal ini lumrah terjadi yang membuat otot Anda menegang ketika Anda sedang stres, yang membuat Anda jadi sakit kepala atau migrain.

Apa yang harus Anda lakukan: Jika Anda tidak mau mengonsumsi obat seperti ibuprofen, cobalah mengoleskan minyak lavender atau peppermint oil di area pelipis kiri dan kanan wajah Anda.



3. Perut Anda rasanya tak ingin makan
Stres bisa merubah fungsi track Gl (glikemiks indeks) lebih dari satu kali. Hal tersebut bisa menyebabkan tubuh Anda memproduksi asam dalam pencernaan, dan bisa mengarah ke heartburn (sensasi rasa terbakar).

"Hal itu juga bisa memperlambat pengsongan makanan di pencernaan Anda, yang mana ini membuat gas dan kembung, dan bisa meningkatkan beberapa kali kontraksi kolon, dan bisa mengakibatkan kram di perut dan diare," ucap Deborah Rhodes, MD, dokter internist di Mayo Clinic

Apa yang harus Anda lakukan: Kurangi gejalanya dengan meminum obat antacid (obat yang bisa menetralisir asam dan kembung pada perut). Anda juga bisa minum teh jahe yang hangat untuk menguranginya.









(TIN)