Awas, Hipertensi Mengancam Mereka yang Punya Musuh

Karina Yunita    •    Kamis, 15 Sep 2016 16:28 WIB
psikologi
Awas, Hipertensi Mengancam Mereka yang Punya Musuh
(Foto: Boldsky) Ketika Anda merasa lingkungan pertemanan Anda merugikan,, sebaiknya tinggalkan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam hidup bersosialisasi, tidak bisa dipungkiri bahwa selain memiliki teman Anda juga memiliki musuh. Walaupun Anda tidak menginginkannya.

Namun seringkali musuh tersebut datang tiba-tiba tanpa Anda sadari. Selain berdampak buruk untuk kehidupan sosial, ternyata memiliki musuh juga mampu membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Sebuah penelitian kesehatan mengatakan bahwa memiliki musuh mampu memberi tekanan berlebih pada tekanan darah Anda.

(Baca juga: Langkah Memulai Pertemanan)

Menurut Julianne Holt-Lunstad dari Brigham Young University di Utah mengatakan, "Setiap orang memiliki tekanan darah yang berbeda-beda, dan akan bereaksi tergantung dengan aktivitas, kesehatan tubuh, serta termasuk interaksi Anda dengan seseorang. Saat Anda bertemu dengan musuh atau orang yang tidak disukai, maka Anda akan mengalami stres yang berakibat pada naiknya tekanan darah." Selain faktor tersebut, kekhawatiran yang muncul saat Anda bertemu dengan musuh juga bisa meningkatkan stres.

"Tidak banyak yang tahu, bahwa jaringan pertemanan dan musuh mampu mengganggu kesehatan Anda. Oleh karena itu ketika Anda merasa bahwa lingkungan pertemanan merugikan Anda, maka sebaiknya tinggalkan lingkungan tersebut walaupun sulit pada awalnya. Lebih baik langkah ini dilakukan, daripada kesehatan Anda terganggu," sarannya.





(TIN)