3 Tips Sederhana Mencegah Kanker Payudara

Torie Natalova    •    Selasa, 11 Oct 2016 14:13 WIB
kanker
3 Tips Sederhana Mencegah Kanker Payudara
Kegiatan fisik mengurangi risiko kanker payudara. (Foto: Rentfitnessequipment)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara internasional atau Breast Cancer Awareness. Ya, kanker payudara merupakan kanker paling mematikan terutama bagi wanita di seluruh dunia.

Tetapi, kanker payudara ini bisa dihindari dengan melakukan perubahan gaya hidup sederhana. Tiga langkah ini dapat membantu mencegah kanker payudara.

(Baca juga: Antioksidan Bantu Lawan Sel Kanker)

"Ini sangat penting untuk kita bertindak. Ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menurunkan risiko kanker," kata Alice Bender, kepala program nutrisi Institute for Cancer Research.

1. Menjaga berat badan stabil
Ini adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara pascamenopause dan 10 kanker lainnya. Itu karena kelebihan lemak tubuh dapat memproduksi bahan kimia yang mempromosikan peradangan kronis, peningkatan kadar insulin dan hormon yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Ukuran lingkar pinggang bisa jadi indikator yang baik apakah Anda kelebihan berat atau tidak. Jika sudah kelebihan berat, tidak mudah memang untuk menguruskan badan. Cobalah diet dengan makan banyak sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan serta batasi makanan tinggi kalori.

2. Perbanyak aktivitas fisik
Kegiatan fisik mengurangi risiko kanker payudara. Gerakan sederhana seperti menggerakkan tubuh Anda dapat membantu mengelola berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga saluran pencernaan Anda. Setidaknya biasakan untuk bergerak selama 30 menit setiap hari seperti olahraga jalan cepat.

3. Hindari alkohol
Jika Anda sering mengonsumsi alkohol, sebaiknya hentikan mulai sekarang. Hindari minuman beralkohol karena mengandung karsinogen yang dapat merusak DNA, meningkatkan hormon estrogen yang memicu kanker. Untuk mencegah kanker, jangan minum alkohol atau batasi dengan sangat ketat minuman keras ini.










(TIN)