Manfaat Mengikuti Cara Makan Anak-anak untuk Kesehatan

Torie Natalova    •    Senin, 07 Aug 2017 12:58 WIB
kesehatan pencernaan
Manfaat Mengikuti Cara Makan Anak-anak untuk Kesehatan
Anak-anak cenderung makan lebih lambat daripada orang dewasa. Makan yang terburu-buru sering berarti Anda tidak memperhatikan makanan. (Foto: Sally Anscombe/Gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diet sehat dan seimbang belakangan semakin digemari oleh banyak orang yang ingin mendapatkan berat badan tetap stabil dan sehat. Sayangnya, terlalu banyak pendapat yang bertentangan seputar nutrisi, dan membuat bingung sehingga yang terbaik adalah mengingat kembali hal yang paling mendasar dari nutrisi.

Menurut pakar diet Lucy Jones, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mendapatkan buah, sayuran dan protein tanpa lemak yang jumlahnya cukup.

Mereka yang memiliki beban kerja berat, kehidupan sosial yang sibuk, sering mengabaikan kebutuhan nutrisi yang seimbang. Menurut penelitian, kebanyakan orang dewasa sekarang makan antara empat dan 11 kali sehari dengan mengandalkan makanan ringan daripada makanan bergizi untuk memenuhi asupan tubuh sehari-hari.

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan makanan bernutrisi setiap hari adalah dengan melihat pola makanan anak-anak. Berikut adalah hal yang dapat Anda pelajari dari makan sehat ala anak-anak.



(Baca juga: Gangguan Pencernaan, Salah Satu Gejala Kanker Usus Besar)

1. Makan saat lapar dan berhenti saat kenyang
Tidak seperti orang dewasa, anak-anak tidak beralih ke makanan saat stres, bosan atau merasa sedih. Biarkan tubuh dan kelaparan fisik menggerakkan keinginan untuk makan Anda.

2. Makan perlahan
Anak-anak cenderung makan lebih lambat daripada orang dewasa. Makan yang terburu-buru sering berarti Anda tidak memperhatikan makanan sehingga merasa tidak puas setelah selesai makan.

3. Makanlah di meja
Gangguan seperti melihat televisi atau gadget dapat menghentikan Anda mengingat waktu makan. Belajarlah untuk berkonsentrasi pada makanan Anda, fokus pada makanan, bau dan rasanya di mulut Anda. Ini dapat membantu Anda merasa kenyang.

4. Mulailah dari awal
Anak-anak suka terlibat dengan menanam, menyiapkan hingga memasak makanan mereka. Menggunakan bahan makanan alami juga akan jauh lebih baik untuk konsumsi harian tubuh Anda. Carilah resep baru setiap hari agar lebih semangat untuk mencicipi makanan yang sehat.










(TIN)