Waspada Penyebab Batu Ginjal Satu Ini

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Aug 2017 09:15 WIB
kesehatan ginjal
Waspada Penyebab Batu Ginjal Satu Ini
Prof. Dr. Marsono selaku pengamat pangan dan gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebutkan bahwa salah satu penyebab batu ginjal adalah bertemunya asam oksalat dan kalsium dalam tubuh. (Foto: Welcome to ePsyclinic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Batu ginjal adalah salah satu gangguan kemih yang biasanya dialami mereka yang kurang asupan cairan dalam keseharian. Ternyata, ada penyebab lain dari gangguan tersebut.

"Batu ginjal bisa juga disebabkan oleh asam urat tinggi yang muncul akibat pola makan tinggi protein," ujar dokter spesialis penyakit dalam Dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM dalam peluncuran FiberCreme, Selasa 8 Agustus 2017.

Ia menjelaskan, tingginya kadar asam urat bisa disebabkan oleh konsumsi makanan seperti jeroan atau daging kikil yang sifatnya hewani.

Namun, serat yang berasal dari makanan nabati ternyata juga bisa memicu terjadinya batu ginjal, namun dengan cara yang berbeda.



(Baca juga: ESWL, Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Bedah)

Komponen gizi tersebut justru menghambat pengeluaran asam urat saat buang air kecil (BAK) sehingga bisa menyebabkan asam urat menumpuk dan pada akhirnya memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan berserat yang dapat memicu gangguan tersebut adalah brokoli, kubis, dan buncis.

Sementara itu, Prof. Dr. Marsono selaku pengamat pangan dan gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menyebutkan bahwa salah satu penyebab batu ginjal adalah bertemunya asam oksalat dan kalsium dalam tubuh. Asam oksalat sendiri dapat ditemukan dalam bayam dan dosis vitamin C yang tinggi. 









(TIN)