Ruang Hijau di Perkotaan Baik bagi Kesehatan Mental Lansia

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Jun 2017 18:55 WIB
kesehatan mental
Ruang Hijau di Perkotaan Baik bagi Kesehatan Mental Lansia
Ruang hijau di perkotaan berkontribusi dalam mendukung lingkungan kota untuk lansia agar bisa memediasi tekanan akibat bangunan-bangunan yang menjulang tinggi. (Foto: Pinterest/thediyfarmers.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi baru menemukan bahwa berjalan di antara pepohonan dan ruang hijau dapat memicu perubahan tingkat kehebohan, keterikatan, dan frustasi dalam otak pada orang lanjut usia (lansia) yang tinggal di daerah perkotaan.

Penemuan yang dipublikasikan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health tersebut diharapkan dapat memberikan implikasi penting pada para arsitek dan petugas kesehatan dalam menanggapi populasi orang tua di dunia. 

"Ruang hijau di perkotaan berkontribusi dalam mendukung lingkungan kota untuk lansia agar bisa memediasi tekanan akibat bangunan-bangunan yang menjulang tinggi," ujar Chris Neale, mahasiswa peneliti dari University of York.

(Baca juga: Manfaat Ikut Terapi Untuk Kesehatan Mental)

Studi berskala kecil tersebut melibatkan delapan partisipan berusia di atas 65 tahun dan memberikan mereka sebuah headset mobile electroencephalography (EEG) yang dapat merekam aktivitas otak saat sedang berjalan di suasana yang padat dan di ruang hijau kota.



Hasilnya, partisipan merasakan manfaat lebih besar dari berjalan di ruang hijau dimana hal tersebut dapat memberikan ketenangan dan kesunyian.

"Ketika ruang hijau muncul di sela-sela ketegangan yang dirasakan, maka hal itu akan memberi manfaat pada kesehatan. Memelihara akses pada ruang hijau bisa menjadi pilihan dengan biaya rendah untuk meningkatkan kesejahteraan mental lansia," tambah Neale. 







(TIN)