Peminum Kopi Lebih Panjang Umur

Nia Deviyana    •    Rabu, 12 Jul 2017 12:43 WIB
studi kesehatan
Peminum Kopi Lebih Panjang Umur
(Foto: Dailyhive)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kafein pada kopi tak hanya ampuh melawan kantuk, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Studi belum lama ini menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko diabetes, stroke, gangguan jantung, dan risiko kanker yang lebih rendah.

Penelitian juga menjelaskan kenapa peminum kopi rata-rata memiliki umur yang panjang, baik pada ras kulit putih maupun ras kulit hitam.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, para peneliti menganalisis kebiasaan minum kopi 700 ribu orang di AS dan di sepuluh negara Eropa. Dalam penelitian ini, orang yang minum lebih banyak kopi cenderung memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada yang bukan peminum kopi.

Lebih lanjut, Efek kopi serupa pada peminum kopi berkafein maupun non kafein. Ini artinya, kafein bukan zat yang membuat kopi menjadi sehat, melainkan antioksidan, zat yang dapat mengurangi peradangan.

Lalu, berapa banyak kopi yang boleh diminum setiap harinya? Para ahli mengatakan, aman mengonsumsi 8 ons atau tiga cangkir per hari. Namun, kurangi jika Anda memiliki gangguan pada irama jantung, penyakit mag, dan gangguan pencernaan.




(DEV)