Hal Mudah yang Baik Anda Lakukan Sebelum Tidur

Yatin Suleha    •    Selasa, 18 Apr 2017 13:37 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Hal Mudah yang Baik Anda Lakukan Sebelum Tidur
Serat, protein serta lemak yang baik untuk tubuh merupakan konsumsi yang baik diasup di malam hari. (Foto: Sheknows.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash adalah salah satu hal yang baik Anda lakukan sebelum tidur. Namun, selain itu ada hal-hal mudah lainnya lagi yang bisa Anda lakukan di malam hari agar Anda bisa terus mempertahankan kesehatan.

Seperti dilansir dari Rd.com, beberapa hal di bawah ini selain gampang juga baik untuk Anda lakukan di malam hari, tepat sebelum Anda tidur.

(Baca juga: 5 Makanan Terbaik untuk Mendapat Perut Six Pack)



1. Snack sehat

Serat, protein serta lemak yang baik untuk tubuh merupakan konsumsi yang baik diasup di malam hari. Jillian Michaels, wellness expert dan kreator dari the Jillian Michaels App mengatakan, bahwa makanan-makanan tersebut memberikan rasa kenyang dan mengandung tryptophan, yang mana ini memberikan mood yang bagus sekaligus membuat tidur Anda lebih nyenyak.

"Yang Anda harus hindari adalah mengonsumsi gula, pati, dan makanan yang digoreng dan berlemak. Karena ini bisa menaikkan kadar insulin, yang menyebabkan Anda tak dapat tidur nyenyak," ucap Michaels.



2. Tidur di jam yang sama

Usahakan untuk bisa tidur pada waktu yang sama setiap malam. Jacqueline Blakely, dokter naturopathic di Holtorf Medical Group mengungkapkan bahwa penting bagi tubuh Anda serta pikiran Anda konsisten pada skejul tetap waktu tidur. "Kesehatan jangka panjang tergantung pada regenerasi yang terjadi saat Anda tidur nyenyak," ucapnya.

Hormon yang dikeluarkan selama tidur merangsang fungsi penting di dalam tubuh, seperti pembersihan, kestabilan otot, regenerasi jaringan, pemecahan lemak, dan normalisasi gula dalam darah. "Tidur pada jam yang aneh atau berbeda bisa merusak siklus alami tidur Anda," ucap Blakely. 



3. Gosok gigi dan berkumur mouthwash
Kedua hal di atas ini bisa menjauhkan Anda dari gigi berlubang. Scott B. Eisen, DDS dari Catonsville Dental Care menegaskan, bahwa ketika kita tidur kita memproduksi sedikit saliva dan mulut kita menjadi lebih kering.

"Saliva adalah bahan penetral alami untuk mengusir asam yang bisa menyebabkan gigi berlubang. Asam yang bisa menyebabkan gigi bolong disebabkan oleh sisa makanan dan bakteri di sekitar gigi dan gusi," tukas Eisen.

"Menggunakan antiseptik dan mouthwash merupakan cara ampuh untuk melawan bakteri dan plak, ini bisa memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut Anda," tutup Eisen.






(TIN)