Apakah Brazilian Wax Aman dari STD?

Yatin Suleha    •    Selasa, 29 Aug 2017 08:00 WIB
kesehatan kulit
Apakah Brazilian Wax Aman dari STD?
Dr. Gagnon mengatakan bahwa saat terapis melakukan penarikan harus dengan prosedur yang aman, yaitu tangan yang bersih, memakai sarung tangan, dengan media yang bersih atau spatula sekali pakai. (Foto: Virgo Beauty/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Brazilian wax pertama kali diperkenalkan oleh "J sisters" yang berasal dari Brasil. Kedua kakak beradik sukses dengan teknik menghilangkan rambut pubis (rambut di area genital wanita) di salon yang berada di New York tersebut di tahun 90-an dengan lilin atau wax.

Seperti diketahui teknik ini adalah menghilangkan semua bulu yang ada di area genital. Dr. Suzanne Gagnon, dokter spesialis kulit di Montreal mengatakan bahwa dalam melakukan hal ini, tekniknya saja sudah bisa dibilang berisiko.



Dr. Gagnon mengatakan bahwa saat terapis melakukan penarikan harus dengan prosedur yang aman, yaitu tangan yang bersih, memakai sarung tangan, dengan media yang bersih atau spatula dan kain sekali buang dan dengan tarikan yang tegang. 

(Baca juga: Mengenal Ragam Waxing dan Manfaatnya)

"Bulu di lokasi tersebut merupakan daerah lembap yang rentan dari pertumbukan bakteri dan jamur. Menggaruknya dapat membuat infeksi," ucap Dr. Gagnon.

Lisette Meuse-Manuel, pemilik dari Dermak Studio di Moncton, N.B., menyarankan bahwa wanita seharusnya secara hati-hati memilih salon dan terapis yang melakukannya. 



"Di tangan yang salah, teknik ini bisa menyebabkan kulit vagina Anda berdarah, terbakar, terluka, dan yang lebih parah adalah terjadinya infeksi, serta STD (sexually transmitted diseases/penyakit menular seksual). Teknik yang salah ketika menarik juga bisa menjadi masalah utama dari kulit di vagina tersebut," ujar Lisette. 

Lisette juga menambahkan bahwa seperempat inci adalah panjang yang minimal jika Anda ingin melakukan waxing jika dilakukan lebih pendek dari itu, maka risiko kulit memar dan bisa terjadi kulit berdarah atau robek. "Untuk itu Anda perlu ke tempat yang bisa dipertanggungjawabkan dan terjamin," saran Lisette.









(TIN)