Perhatikan Hal Berikut Saat Membersihkan Make Up

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 26 Sep 2017 10:43 WIB
kesehatan kulit
Perhatikan Hal Berikut Saat Membersihkan Make Up
Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit agar kulit tetap sehat. (Foto: Sydney Jackson/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membersihkan make up adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan wajah yang tak boleh disepelekan. Kulit wajah adalah bagian yang sensitif dimana perlu dibersihkan dengan lembut agar tidak terjadi kerusakan jangka panjang.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembersihan make up menurut Dr. Rasna Kapoor, sebagai konsultan kulit senior di Kaya Skin Clinics, Mumbai.



1. Membersihkan mata
Kulit di sekitar mata cenderung sensitif sehingga sebaiknya diusap dengan lembut, jangan terlalu keras. Jika maskara masih menempel, basahkan kapas dengan pembersih make up dan tempelkan pada bagian mata agar bagian maskara yang mengeras dapat pecah. Hindari menekan bulu mata karena dapat merusak jaringan pada bagian tersebut. Setelah itu, oleskan krim mata untuk melembutkan dan menghidrasi area tersebut.



2. Membersihkan make up anti air

Pemberaih berbahan minyak adalah pilihan yang tepat karena tipikal make up anti air memiliki kandungan yang kuat. Namun, karena jenis pembersih ini rentan meninggalkan sisa, sebaiknya lakukan pembersihkan secara total setelah menghilangkan make up.

(Baca juyga: 4 Tips Make Up 10 Menit)



3. Membersihkan lipstik
Lipstik yang dapat bertahan antara 9 hingga 12 jam sudah banyak tersedia saat ini. Artinya, pewarna bibir tersebut akan semakin sulit dibersihkan. Gunakan tisu basah untuk membersihkan lipstik dan lapisi dengan bahan gliserin setelahnya agar lapisan bibir tetap lembut.



4. Pemilihan pembersih make up
Pastikan membaca komposisi yang terdapat dalam produk kesehatan kulit yang Anda beli, seperti kandungan alkohol, paraben, dan sulfat yang dapat memperburuk produksi minyak alami pada wajah. Selain itu, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang tak berbau.

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit Anda berminyak, gunakan pembersih atau sabun wajah yang mengandung asam salisilik atau peroksida benzoil. Sementara kulit kering sebaiknya menggunakan pembersih wajah berbusa yang umumnya tak memicu kekeringan pada kulit.










(TIN)