Manfaat Berkebun untuk Anak Muda

Torie Natalova    •    Jumat, 14 Dec 2018 18:54 WIB
kesehatanpsikologi
Manfaat Berkebun untuk Anak Muda
Selain membantu melepas stres, ada beberapa manfaat berkebun untuk anak-anak muda seperti berikut. (Foto: Benjamin Combs/Unsplash.com)

Jakarta: Aktivitas berkebun umumnya dilakukan oleh orang tua yang mengisi waktu luangnya. Masih sedikit anak muda yang tertarik dengan aktivitas satu ini. Padahal, berkebun dapat membawa banyak dampak positif untuk kesehatan baik mental maupun fisik.

Berkebun merupakan sebuah bentuk perhatian di mana Anda menggunakan panca indra, dan fokus pada sebuah gerakan berulang seperti menggali dan menanam.

Salah satu manfaat berkebun adalah membantu melepaskan stres. Sebuah penelitian di Belanda menunjukkan mereka yang berkebun memiliki suasana hati yang lebih baik daripada mereka yang membaca. Mereka juga memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah.

Kortisol yang rendah membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan, mencerna makanan yang lebih baik, meningkatkan ingatan dan mencegah penyakit jantung.

(Baca juga: Bercocok Tanam Wasabi di Azumino)


(Aktivitas berkebun umumnya dilakukan oleh orang tua yang mengisi waktu luangnya. Masih sedikit anak muda yang tertarik dengan aktivitas satu ini. Padahal, berkebun dapat membawa banyak dampak positif untuk kesehatan baik mental maupun fisik. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Selain membantu melepas stres, ada beberapa manfaat berkebun untuk anak-anak muda seperti berikut:

1. Membantu mengatasi depresi dan kecemasan
Kombinasi aktivitas fisik, rangsangan kognitif dan kepuasan kerja dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Untuk membangun sifat-sifat terapeutik taman Anda sendiri, buat kombinasi tanaman yang menghasilkan makanan, beraroma dan berbunga untuk menyehatkan semua indra Anda.

2. Kesehatan otak dan Alzheimer
Sebuah studi jangka panjang melacak semua jenis demensia dan menilai berbagai faktor gaya hidup. Para peneliti menemukan berkebun setiap hari dapat mengurangi risiko demensia hingga 36 persen.

Ini mungkin karena berkebun melibatkan banyak fungsi tubuh termasuk kekuatan, daya tahan, pemecahan masalah, ketangkasan dan kesadaran indra yang bermanfaat untuk kesehatan otak.

3. Membentuk otot
Karena berkebun melakukan banyak posisi, tanpa disadari Anda dapat membakar cukup banyak kalori, membantu kekuatan otot paha saat berjongkok, menguatkan tangan ketika mendorong atau mengangkat pot dan otot perut ketika menjaga diri tetap stabil saat berkebun.

4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Bersedia untuk kotor dan 'terbuka' terhadap bakteri membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Sebuah penelitian menunjukkan tukang kebun diketahui memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat selama musim flu dan batuk.




(TIN)