Studi: Suplemen Kalsium Bisa Membahayakan Jantung

Torie Natalova    •    Senin, 17 Oct 2016 07:00 WIB
studi kesehatan
Studi: Suplemen Kalsium Bisa Membahayakan Jantung
Studi lain menunjukkan pil suplemen kalisum kemungkinan besar tidak memperkuat tulang dan hanya mengirim kalsium langsung ke pembuluh darah saja. (Foto: Womenshealthmag)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda gemar meminum suplemen kalsium untuk menambah kepadatan tulang atau menjaga kesehatan tulang? Sebaiknya, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

Pasalnya, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa suplemen kalsium, bukan yang berasal dari makanan, bisa membawa dampak buruk bagi jantung Anda.

Penelitian serupa mengatakan, warga Amerika masih banyak yang mengonsumsi suplemen kalsium untuk membantu memperkuat tulangnya meskipun sudah banyak penelitian yang menunjukkan suplemen kalsium tidak membantu kesehatan justru lebih banyak membawa bahaya bagi kesehatan.

(Baca juga: 5 Makanan Kaya Kalsium Selain Susu)

Sekitar 22 persen orang yang minum suplemen kalsium lebih mungkin mengembangkan plak berbahaya di arteri mereka, daripada orang yang tidak mengonsumsi suplemen kalsium.

Namun, jika Anda mengonsumsi kalsium yang berasal dari makanan, Anda justru bisa melindungi jantung agar tetap sehat. Dokter Erin Michos dari Johns Hopkins University mengatakan, bukti tersebut menunjukkan bahwa kalsium alami bisa memberi manfaat bagi kesehatan jantung.

Bila Anda ingin tetap menambah kekuatan tulang, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memilah dosis yang tepat dan untuk mengetahui apakah tulang Anda memang betul-betul membutuhkan tambahan kekuatan dari suplemen.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association, banyak dokter dan para ahli telah mengetahui keburukan suplemen kalsium. Studi lain menunjukkan pil suplemen kalisum kemungkinan besar tidak memperkuat tulang dan hanya mengirim kalsium langsung ke pembuluh darah saja.







(TIN)