Stimulasi, Kunci Optimalkan Kecerdasan Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 03 Nov 2016 15:31 WIB
anak-anak
Stimulasi, Kunci Optimalkan Kecerdasan Anak
(Foto: childrensliteracycenter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing dan diperlukan kesigapan orang tua untuk membantu anak memgembangkannya melalui stimulasi.

"Stimulasi adalah kunci untuk mengembangkan otak anak secara optimal. Baiknya ini dilakukan sejak dini agar bisa dijadikan sebagai kebiasaan," ujar Dr. Andyda Meliala, parenting educator dalam workshop Stimulasi Personal adalah Kunci untuk Mengoptimalkan si Kecil di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Ia menjelaskan, definisi "sejak dini" adalah dimulai sejak anak masih berada dalam kandungan. Pada saat tersebut, stimulasi yang diberikan bisa berupa nyanyian. Begitu juga saat anak sudah lahir, ibu bisa mengajak anak bernyanyi bersama.

Namun, ia menegaskan bahwa kepintaran anak juga tidak langsung terlihat begitu saja. Terkadang, kepintaran anak terlihat setelah melewati satu tahapan yang memicunya memperlihatkan bakat tersebut.

"Bisa saja kepintaran anak dalam hal kosakata terlihat saat dia sudah bisa menulis. Misalnya anak terlihat mahir menulis puisi atau esai. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak, stimulasi yang harus diberikan adalah bercerita," saran Andyda.

Untuk mencapai hasil terbaik, orangtua harus membiasakan untuk memberikan stimulasi setiap hari melalui kegiatan yang membuat anak senang.


"Kegiatan yang menstimulasi bakat anak baiknya dilakukan berulang-ulang agar kelak kepintaran anak terus terasah, dan ia dapat memanfaatkan kepintaran tersebut saat sudah dewasa," ujarnya.


(DEV)