Plus Minus Menjalani Diet Vegan

Torie Natalova    •    Minggu, 20 Nov 2016 10:24 WIB
tips kesehatan
Plus Minus Menjalani Diet Vegan
(Foto: Rackcdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diet vegan menjadi salah satu alternatif untuk menjaga hidup sehat. Saat menjalani diet ini, artinya hanya Anda hanya mengonsumsi aneka produk nabati, tanpa sedikit pun makan-makanan dari produk hewani dan juga olahannya, termasuk susu, telur, dan keju.

Namun, benarkah diet ini benar-benar sehat? Mari kita simak plus-minus diet ini seperti dilansir The List.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sejumlah penelitian telah menghubungkan vegan dan gaya hidup vegetarian dengan penurunan risiko penyakit jantung yang signifikan. Para ilmuwan mengatakan, menurunnya risiko penyakit jantung mungkin disebabkan oleh mengecilnya risiko peradangan karena tidak lagi mengonsumsi produk hewani yang dapat menyebabkan peradangan ke berbagai bagian pencernaan dan peredaran darah.

2. Berat badan menurun

Studi 2015 yang dilakukan Dr. Neal Barnard dari George Washington University School of Medicine mengatakan, menjadi vegan lebih cepat menurunkan berat badan. Tidak makan daging, telur dan susu berarti secara signifikan Anda memangkas kalori dan menyehatkan usus Anda.

3. Perut menjadi kembung

Tiba-tiba berhenti mengonsumsi daging membuat enzim pencernaan di usus Anda tidak melakukan banyak aktivitas. Enzim pencernaan kemudian menjadi sangat sibuk yang bisa membuat ketidakseimbangan bakteri dalam perut dan memicu kembung. Jangan khawatir, tubuh Anda memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri. Sementara itu, jangan kaget jika sistem pencernaan Anda mengatasi kembung dengan sering mengeluarkan kentut.

4. Otot Anda butuh waktu lebih lama untuk dapat makanan

Anda mungkin tahu bahwa protein dibutuhkan untuk membangun dan memelihara otot. Daging dan telur mengandung jumlah protein yang tinggi dibanding makanan lain. Penting bagi Anda yang vegan untuk mendapatkan protein dari kacang- kacangan, kacang, tahu dan sayuran hijau. Jika Anda kekurangan protein, otot-otot akan melemah dan menyusut.

Tubuh manusia mampu menyerap dan menggunakan protein hewani jauh lebih cepat daripada protein nabati. Pastikan Anda mendapatkan protein yang cukup sepanjang hati terutama setelah olahraga.

5. Lidah terasa aneh

Seng atau zinc membantu lidah untuk tetap berfungsi baik dan seng adalah mineral penting untuk indera perasa. Namun, seng paling besar ditemukan pada daging merah dan tiram. Bagi vegetarian atau vegan, cobalah untuk meminum suplemen zinc untuk menjaga selera atau rasa di lidah Anda.

 


(DEV)