Ini Tanda Tubuh Anda Tidak Sehat

Torie Natalova    •    Sabtu, 19 Nov 2016 13:19 WIB
diabetes
Ini Tanda Tubuh Anda Tidak Sehat
Ini Tanda Tubuh Anda Tidak Sehat (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut penelitian dari Lancet, Cina, India dan Amerika Serikat adalah tiga negara teratas yang memiliki jumlah tertinggi penderita diabetes. Jumlah penderita di ketiga negara tersebut  semakin meningkat setiap tahunnya.

Jika penyakit diabetes dapat didiagnosis lebih awal, komplikasi akibat penyakit ini dapat dicegah atau diatasi. Beberapa tanda atau gejala diabetes yang harus Anda waspadai yakni:

- Tekanan darah tinggi dan kadar trigliserida darah tinggi
- Gestational diabetes atau jika Anda melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg
- Diet tinggi lemak dan alkohol
- Gaya hidup atau obesitas dan lingkat pinggang yang lebih dari 90 cm pada pria dan 85 cm pada wanita
- Sejarah keluarga, penuaan (risiko meningkat di usia 45 tahun)

Namun, mencegah dapat dilakukan dengan mengubah faktor risiko lain seperti makan makanan sehat dan meningkatkan olahraga, terlebih jika Anda mengalami kegemukan. Tekanan darah tinggi juga dapat dikontrol. Ini membantu Anda mengurangi risiko diabetes.

Diabetes sering tidak terdiagnosis karena gejalanya tampak tidak berbahaya atau normal. Beberapa gejalanya antara lain sering buang air kecil. Ini terjadi akibat adanya kelebihan glukosa dalam darah. Jika insulin tidak efektif atau tidak cukup, ginjal akan sulit untuk menyaring glukosa yang berlebihan kembali ke darah.

Selain itu, rasa haus berlebihan juga bisa jadi pertanda diabetes. Rasa lapar yang berlebihan juga bisa jadi pertanda diabetes, ini karena tubuh Anda tidak mencerna cukup glukosa sehingga perlu untuk mengkonsumsinya lebih banyak dan ini membuatnya mengirimkan sinyal lapar ke otak terus menerus.

Terjadinya penurunan berat badan yang tidak biasa bisa jadi tanda diabetes. Ini karena tubuh merasa putus asa mencari sumber energi karena sel-sel tidak cukup mendapatkan glukosa. Kondisi ini mulai merusak jaringan otot dan lemak untuk energi tubuh.

Rasa lelah yang parah bisa disebabkan oleh glukosa yang tidak dimanfaatkan, kemudian sel-sel menjadi kelaparan karena kurangnya energi. Inilah yang menyebabkan tubuh kelelahan.

Emosional, penglihatan kabur, kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki, kulit kering atau gatal, luka yang tak kunjung sembuh dan sering infeksi, merupakan beberapa gejala diabetes. Segera kunjungi dokter dan lakukan tes gula darah.




(ELG)