Mempertahankan Masa Tulang dengan Susu

   •    Senin, 23 Apr 2018 15:21 WIB
kesehatan tulang
Mempertahankan Masa Tulang dengan Susu
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Sebagian besar orang Indonesia belum menjadikan susu sebagai bagian dari menu makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Alasannya beragam, mulai dari zat gizi makanan yang dinilai sudah cukup sampai dengan urusan selera.

Spesialis Gizi Klinik Jovita Amelia mengungkap bahwa ada banyak zat gizi dalam susu yang dibutuhkan tubuh. Peruntukannya pun ternyata bukan cuma untuk balita atau orang lanjut usia, namun semua orang secara keseluruhan.

"Pada masa usia balita, remaja, dan dewasa muda susu memang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Tapi setelah itu kalsium yang cukup dalam susu dapat membantu meningkatkan massa tulang kita. Jadi susu tetap bisa terus dikonsumsi," katanya, dalam Metro iCare, Minggu,  22 April 2018. 

Jovita mengatakan tidak ada perbedaan kebutuhan kalsium pada wanita atau pria. Namun khusus ibu hamil dan menyusui kebutuhan kalsium setiap harinya meningkat sekitar 200 miligram.

Konsumsi susu di usia muda juga membantu membentuk tulang secara maksimal sementara setelah usia 30-an tubuh akan mulai mengalami penuaan termasuk kemampuan tulang mempertahankan kepadatannya.

"Usia 30-an kita tidak bisa lagi menabung kalsium, yang bisa kita lakukan adalah mempertahankan massa tulang. Itulah kenapa kita harus tetap mengonsumsi susu agar kepadatan tulang tidak berkurang lebih cepat," kata dia.




(MEL)