Bagaimana Warna Tembok Memengaruhi Suasana Hati

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Sep 2018 19:59 WIB
psikologistudi kesehatan
Bagaimana Warna Tembok Memengaruhi Suasana Hati
Para peneliti menemukan bahwa warna-warna pastel seperti hijau muda, ungu dan biru cenderung membuat para peserta merasa tenang. (Foto: Tom Podmore/Unsplash.com)

Jakarta: Berbagai hal dapat memengaruhi suasana hati, termasuk warna ruangan. Taubmans, perusahaan cat di Australia, bekerja sama dengan perusahaan virtual reality Liminal VR, tim psikolog dan ahli syaraf untuk melakukan penelitian yang mengeksplorasi bagaimana warna ruangan dan emosi seseorang terhubung.

Penelitian tersebut dilakukan dengan Florey Institute of Neuroscience dan Kesehatan Mental di Melbourne, sebuah fasilitas penelitian otak terkemuka.

Sebanyak 745 peserta diberi headset realitas virtual Google Daydream, di mana mereka ditunjukkan lima warna dari pilihan cat Taubmans dalam tiga jenis ruang yang berbeda.

Setelah ditunjukkan setiap warna, para peserta kemudian diminta untuk menggambarkan bagaimana perasaan mereka dengan memilih satu dari delapan tanggapan emosional, yang termasuk emosi seperti bersemangat, ceria, dan tegang.


(Berbagai hal dapat memengaruhi suasana hati, termasuk warna ruangan. Foto: /Unsplash.com)

(Baca juga: Warna Pakaian yang Cocok untuk Segala Warna Kulit)

Mereka juga diminta untuk menyatakan betapa mereka menyukai warna yang telah mereka perlihatkan menggunakan skala lima poin.

Para peneliti menemukan bahwa warna-warna pastel seperti hijau muda, ungu dan biru cenderung membuat para peserta merasa tenang. Selain itu, warna yang lebih cerah seperti kuning, oranye dan merah muda membuat mereka merasa lebih bersemangat.

Meskipun warna gelap sedang digandrungi sebagai pelapis tembok, studi tersebut menyimpulkan bahwa warna tersebut membuat merasa sedih.

Pintu masuk, ruang rias atau kamar mandi adalah ruang ideal untuk menerapkan warna gelap.

"Itu adalah ruang yang Anda tidak menghabiskan banyak waktu di dalamnya, tetapi dapat menciptakan dampak mencolok tanpa harus dikelilingi olehnya untuk jangka waktu yang lama."





(TIN)