Selain Pisang, Makanan Ini Bantu Sembuhkan Nyeri Punggung

Raka Lestari    •    Kamis, 31 May 2018 12:53 WIB
tips kesehatan
Selain Pisang, Makanan Ini Bantu Sembuhkan Nyeri Punggung
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Nyeri punggung merupakan rasa tidak nyaman yang bisa dialami siapa saja. Ada banyak faktor penyebab nyeri punggung, tetapi kebanyakan karena postur tubuh yang salah. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat perubahan kecil pada pola makan Anda. Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan asupan potasiun dapat mengurangi nyeri. 

"Potasium berfungsi sebagai anti-inflamasi alami dan meningkatkan fungsi saraf di dalam tubuh," kata ahli gizi Dr Josh Axe dilansir dari Express.

Pisang kaya potasium dan bisa mengandung hingga 487mg nutrisi dalam porsi satu porsi camilan. Selain pisang, alpukat juga merupakan salah satu buah-buahan dengan kandungan potasium tertinggi per porsi, dibandingkan dengan semua makanan dan minuman lainnya. 

"Satu buah alpukat utuh bisa meningkatkan asupan kalium Anda lebih dari 1.000mg," terang Dr Josh. 

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan sendi dan otot secara keseluruhan, menjaga berat badan yang sehat, memperkecil kemungkinan peradangan,  dan mencegah sakit punggung, mengonsumsi makanan yang sehat adalah kuncinya.

Mulailah menyesuaikan pola makan dengan mengonsumsi lebih banyak makanan yang tidak diproses, anti penuaan, dan anti-inflamasi untuk membantu mengurangi nyeri punggung. Potasium mengurangi pembengkakan dan merupakan elektrolit penting untuk fungsi otot dan saraf.

Sertakan juga makanan kaya kalium yang juga cenderung tinggi dalam kandungan magnesium sebanyak mungkin ke dalam makanan Anda, seperti sayuran berdaun hijau, alpukat, pisang, dan air kelapa. 

Meningkatkan asupan kalium Anda juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.





(DEV)