Mengapa Flu Terasa Lebih Buruk Saat Anda Kesepian?

Raka Lestari    •    Kamis, 12 Apr 2018 08:21 WIB
kesehatanpsikologiinfluenza
Mengapa Flu Terasa Lebih Buruk Saat Anda Kesepian?
Studi baru-baru ini juga menambahkan bukti bahwa kesepian dapat memengaruhi bagaimana seseorang mengalami sakit dalam waktu dekat. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash.com)

Jakarta: Menurut penelitian terbaru, seberapa kesepian Anda dapat memprediksi seberapa parah Anda ketika sedang sakit.

Dalam sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology, para peneliti mengevaluasi tingkat kesepian dari 213 orang dan mengukur interaksi sosial mereka.

Kemudian para sukarelawan diberikan obat tetes hidung yang bisa menyebabkan terkena flu dan mereka dikarantina di hotel selama lima hari untuk mengecek kondisi mereka. 

Para sukarelawan pada studi tersebut memiliki peluang yang sama untuk mengalami gejala flu, namun orang-orang yang tercatat merasa lebih kesepian dilaporkan memiliki gejala-gejala fu yang lebih berat dibandingkan mereka yang tidak terlalu kesepian. 

"Ini seperti merasa kesepian di ruang yang sesak," kata penulis studi Angie LeRoy, kandidat PhD di Universitas Houston dan Universitas Rice. 


(Studi baru-baru ini juga menambahkan bukti bahwa kesepian dapat memengaruhi bagaimana seseorang mengalami sakit dalam waktu dekat. Foto: Kelly Sikema/Unsplash.com)

(Baca juga: Paparan Sinar Matahari Efektif Mencegah Flu)

"Tidak peduli berapa banyak orang yang Anda miliki di lingkungan pertemanan Anda. Jika mereka tidak merasa memiliki hubungan pertemanan yang penuh arti, tidak akan membantu sama sekali."

Rasa kesepian sudah lama dianggap sebagai salah satu faktor yang memicu kesehatan yang buruk. Orang-orang yang kesepian diperkirakan memiliki risiko 26 persen lebih tinggi untuk meninggal lebih awal daripada orang yang tidak merasa kesepian.

Studi baru-baru ini juga menambahkan bukti bahwa kesepian dapat memengaruhi bagaimana seseorang mengalami sakit dalam waktu dekat. 

"Hal-hal yang sederhana seperti merasa kesepian ternyata dapat memiliki dampak pada kesehatan Anda," kata Angie. "Oleh karena itu kita harus lebih banyak memberikan perhatian kepada mereka yang merasa kesepian." 







(TIN)