Kolesterol Jahat yang Tinggi Pengaruhi Kesuburan Wanita

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 19 Jul 2018 10:57 WIB
studi kesehatan
Kolesterol Jahat yang Tinggi Pengaruhi Kesuburan Wanita
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Kolesterol jahat (LDL) memberi efek buruk pada tubuh, termasuk dalam hal kesuburan. Sebuah studi menemukan bahwa wanita dengan tingkat lemak darah tak sehat sebelum kehamilan cenderung hanya memiliki satu, bahkan sulit memiliki keturunan. 

Wanita dengan lemak darah tak sehat, 20 hingga 100 persen lebih mungkin untuk hamil hanya sekali jika pola tersebut dilakukan bertahun-tahun sebelum hamil. 

Tingginya kadar LDL, kolesterol total, dan obesitas juga berkaitan dengan kemungkinan yang lebih besar untuk tidak memiliki anak.

"Profil lipid dan metabolik yang sudah ada sebelumnya dapat mewakili salah satu kemungkinan kesuburan," kata para peneliti, termasuk Aleksandra Pirnat dari University of Bergen, Norwegia, dilansir dari The Health Site.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open tersebut menganalisis sampel darah dari 4.322 wanita berusia 20 tahun ke atas, yang mana 1.677 di antaranya merupakan wanita tanpa anak, 488 ibu pernah melahirkan satu kali, dan 2.157 wanita dengan dua anak atau lebih.

Analisis menunjukkan bahwa wanita tanpa anak dan ibu satu anak kali cenderung kelebihan berat badan dan lebih tua. Mereka juga memiliki kebiasaan merokok yang cukup tinggi.

Namun, karena ini adalah penelitian observasional, penyebabnya tidak dapat ditentukan. Namun demikian, temuan tersebut mendukung beberapa penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa ketidakteraturan metabolik pada wanita dengan berat badan normal merupakan faktor risiko independen untuk gangguan kesuburan.





(DEV)