Benarkah Pakai Masker Bisa Mencegah Tertular Flu?

Nia Deviyana    •    Selasa, 03 Apr 2018 12:38 WIB
tips kesehatan
Benarkah Pakai Masker Bisa Mencegah Tertular Flu?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Jika diperhatikan, masker bedah menjadi barang yang cukup populer digunakan orang-orang di kendaraan umum atau saat beraktivitas di luar ruangan. Tak hanya orang yang sedang sakit, orang yang sehat pun memakainya agar tidak tertular virus flu.

Masker bedah digunakan para dokter di ruang operasi pada akhir 1800-an, dan mulai dikenakan masyarakat umum pada 1918. 

Seabad kemudian, teknik molekuler modern mengonfirmasi bahwa benar masker ini dapat memberi perlindungan terbaik terhadap penyebaran flu. Pada studi tahun 2013, peneliti menghitung jumlah partikel virus udara di sekitar penderita flu. Peneliti menemukan bahwa masker membantu menekan penyebaran virus flu sebanyak 25 kali lipat. 

"Virus flu berada di udara, jadi masker secara mekanis dapat mencegah virus flu menulari orang lain. Masker bekerja dengan dua cara, mencegah penularan virus ke orang lain, dan menjaga penderita flu dari infeksi yang lebih berat," jelas Sherif Mossad, MD, spesialis penyakit menular di Klinik Cleveland, dilansir dari Health. 

Masker bedah untuk mencegah flu dapat dengan mudah ditemukan di apotek. Susan Besser, MD, seorang dokter keluarga di Baltimore, Maryland menyarankan untuk membuang masker setelah setiap kali penggunaan. Jika masker Anda basah, maka efek perlindungannya akan berkurang.

Meski demikian, para ahli menekankan masker lebih efektif digunakan pada orang yakin sakit, dan tidak begitu berguna pada mereka yang sehat. Alih-alih berguna, masker membuat susah bernapas jika Anda sehat. 

"Menggunakan masker sepanjang waktu untuk mencegah tertular flu tidak dianjurkan untuk orang sehat, kecuali pada mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah," pungkas Dr Mossad. 

Perlu diketahui jika masker tidak seratus persen dapat mencegah penyebaran flu. Jika Anda terserang flu, hal terbaik yang bisa Anda lakukan agar tak menulari orang lain adalah dengan beristirahat di rumah. Mencuci tangan juga menjadi kebiasaan baik yang tak boleh diabaikan.



Lihat video:




(DEV)