Empat Alasan Pria Malas Memakai Kondom

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 05 Apr 2018 16:34 WIB
kesehatanseks dan kesehatan
Empat Alasan Pria Malas Memakai Kondom
"Menggunakan kondom adalah bagian dari personal responsibility di mana ini adalah gaya hidup sehat dan tanggung jawab pada diri serta pasangan," ujar Pierre Frederick, selaku Deputy GM Consumer Health DKT International. (Foto: Elijah Hiett/Unsplash.com)

Jakarta: Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang umum di kalangan masyarakat. Namun, masih banyak pria yang enggan menggunakannya. Mengapa demikian?

Menurut Deputy GM Consumer Health DKT International Pierre Frederick, ada empat alasan utama pria malas menggunakan kondom.

"Pertama, sensasi. Kondom dianggap mengurangi sensasi dalam bercinta," ungkapnya dalam peluncuran Supreme Premium Condoms, Kamis 5 April 2018.

Hal tersebut juga berlaku untuk kenikmatan yang dirasa menurun saat menggunakan kontrasepsi tersebut.

Ketiga, para pria merasa terlalu yakin bahwa diri mereka tak akan terinfeksi penyakit menular seksual (PMS) atau kehamilan tak direncanakan.


(Acara peluncuran Supreme Premium Condoms, Kamis 5 April 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan)

(Baca juga: Benarkah Kondom Mengurangi Sensasi Bercinta?)

"Banyak yang berisiko tapi percaya diri tidak akan kena infeksi PMS atau akan membuat pasangan hamil. Padahal, angka infeksi PMS dan kehamilan tak direncanakan meningkat," tambahnya.

Terakhir, para pria menganggap memakai kondom membuat kepuasan bercinta berkurang sehingga lebih memilih tak menggunakan pengaman tersebut.

"Kepuasan di sini adalah dominasi di ranjang dan dapat membuat pasangan puas," tandasnya.

Keempat alasan itulah yang membuat pria sulit diyakinkan untuk beraktivitas seks lebih aman.

"Padahal, menggunakan kondom adalah bagian dari personal responsibility di mana ini adalah gaya hidup sehat dan tanggung jawab pada diri dan pasangan," tandasnya.






(TIN)