Enam Nutrisi untuk Tingkatkan Imunitas Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 06 Apr 2018 11:24 WIB
kesehatanperkembangan anak
Enam Nutrisi untuk Tingkatkan Imunitas Si Kecil
Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah lemon, kiwi, stroberi, kembang kol, dan kubis yang baik bagi kesehatan tubuh. (Foto: Toa Heftiba/Unsplash.com)

Jakarta: Sistem kekebalan tubuh yang baik adalah hal yang penting dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, asupan nutrisi perlu ditingkatkan untuk menunjang imunitas si kecil.

Berikut adalah beberapa jenis nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak setelah sakit.

1. Seng
Nutrisi ini dapat mengurangi durasi sakit pilek, diare, dan infeksi saluran pernapasan pada anak. Seng juga mempercepat penyembuhan luka karena mengandung antioksidan yang mengurangi kerusakan radikal bebas pad sel dan jaringan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung seng adalah kacang kedelai, almond, kuning telor, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

2. Vitamin C
Vitamin ini membantu melawan infeksi karena dapat mensintesis sel darah putih. Mikronutrien satu ini membentuk kolagen dalam tulang dan otot sehingga mempercepat penyembuhan serta menjaga kesehatan gigi dan gusi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah lemon, kiwi, stroberi, kembang kol, dan kubis.

(Baca juga: Beragam Jenis Penyakit Autoimun yang Perlu Kamu Tahu)


(Beberapa makanan yang mengandung vitamin C adalah lemon, kiwi, stroberi, kembang kol, dan kubis yang baik bagi kesehatan tubuh. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

3. Vitamin D
Vitamin D dapat mencegah tumbuhnya penyakit autoimun. Selain itu, vitamin ini juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dimana racun dalam makanan dapat diserap.oleh mikronutrien satu ini. Vitamin D banyak terkandung dalam telur dan ikan, seperti ikan makarel, salmon, dan sarden. 

4. Vitamin E
Kandungan antioksidan dalam vitamin E membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh akibat radikal bebas. Beberapa makanan yang mengandung vitamin E adalah biji bunga matahari, almond, dan minyak sayur.

5. Vitamin A dan beta karotin
Sama seperti vitamin E, vitamin A dan beta karotin memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sayuran dan buah yang berwarna pada umumnya mengandung karotin, seperti mangga, pepaya, semangka, wortel, dan buah bit. 

6. Magnesium
Magnesium mengontrol berbagai reaksi kimia dalam tubuh, terutama pada fungsi pencernaan, sehingga baik untuk menjaga sistem imun anak. Beberapa makanan yang mengandung magnesium adalah tepung gandum utuh, tepung jagung, biji bunga matahari, biji labu, biji wijen, dan kacang tanah.






(TIN)