Lima Olahraga yang Cocok bagi yang Sibuk Bekerja

Yatin Suleha    •    Senin, 09 Apr 2018 13:44 WIB
kesehatan
Lima Olahraga yang Cocok bagi yang Sibuk Bekerja
Berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan seperti yang disampaikan dalam rilis yang diterima oleh Medcom.id dari Brawijaya Hospital & Clinic. (Foto: Courtesy of Viktor Ristic/@victorious_fit)

Jakarta: Bagi sebagian besar pekerja yang sibuk, sulit rasanya untuk menjaga kebugaran di tengah rutinitas pekerjaan yang begitu padat.

Mungkin Anda berpikir bahwa pekerjaan yang Anda lakukan telah menguras banyak tenaga sehingga ketika ada waktu luang lebih baik dimanfaatkan untuk beristirahat. 

Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa mewujudkan kebiasaan olahraga secara rutin tersebut? Sementara aktivitas kerja sering menyita waktu, pikiran, dan tenaga Anda.

Berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan seperti yang disampaikan dalam rilis yang diterima oleh Medcom.id dari dr. Andika Widyatama dari Brawijaya Hospital & Clinic.

1. Sediakan waktu
Anda harus menyediakan waktu untuk berolahraga. Lakukan olahraga aerobik minimal selama 30 menit per hari, 5 hari dalam seminggu. Olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan, seperti jalan kaki, jalan cepat, jogging, berenang, senam, atau bersepeda.

2. Olahraga malam hari
Olahraga dapat Anda lakukan di pagi hari, sore hari, atau pada waktu luang yang Anda miliki. Namun, waktu terbaik untuk olahraga memang di pagi hari. Jika harus dilakukan malam hari, maka paling tidak olahraga sudah selesai dilakukan 2 jam sebelum waktu tidur. Lalu, maksimal jam 9 malam sudah selesai olahraga.


(Olahraga dapat Anda lakukan di pagi hari, sore hari, atau pada waktu luang yang Anda miliki bagi Anda yang sibuk bekerja. Olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan, seperti jalan kaki, jalan cepat, jogging, berenang, senam, atau bersepeda. Foto: Roman Koester/Unsplash.com)

(Baca juga: Berapa Banyak Olahraga yang Perlu Dilakukan dalam Seminggu?)

3. Ventilasi udara
Olahraga tidak harus di luar ruangan. Anda bisa melakukan olahraga di dalam ruangan. Tetap pastikan ruangan Anda memiliki ventilasi yang baik untuk pertukaran udara. Selain itu, sebaiknya berolahraga di ruangan yang nyaman dan aman bagi Anda untuk bergerak.

4. Olahraga di dalam kantor 
Bila benar-benar tidak sempat berolahraga di luar kantor, Anda bisa berolahraga di dalam kantor. Untuk melakukannya Anda bisa memanfaatkan benda yang ada di dalam kantor, seperti meja atau pun kursi. 

Anda bisa melakukan push up dengan meletakkan tangan di bagian sandaran tangan atau pun di bagian dudukan kursi kerja Anda. Gerakan ini akan melatih otot bagian atas tubuh Anda. 

5. Target setiap hari
Disarankan agar Anda memiliki target setiap harinya untuk terus meningkatkan kemampuan dalam berolahraga. Tidak perlu terburu-buru, namun pastikan adanya perkembangan saat Anda berolahraga. Anda bisa menambah hitungan saat melakukan suatu gerakan olahraga atau menambah durasi olahraga yang Anda lakukan.






(TIN)