Pada Usia Berapa Sebaiknya Bayi Berhenti Minum Susu Formula?

Raka Lestari    •    Rabu, 30 May 2018 13:23 WIB
tumbuh kembang bayi
Pada Usia Berapa Sebaiknya Bayi Berhenti Minum Susu Formula?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bagi wanita yang mengalami kesulitan ketika menyusui bayinya, susu formula menjadi alternatif untuk memenuhi gizi bayi mereka. Meskipun tentu saja, kandungannya tidak sebaik ASI. 

Namun seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda, tentu nutrisi yang dibutuhkannya pun semakin bertambah. Kemudian muncullah pertanyaan mengenai kapan sebaiknya susu formula pada bayi dihentikan?

Kebanyakan dokter anak setuju bahwa bayi harus disapih dari susu formula pada usia setahun.  Pada usia tersebut, mereka juga harus makan makanan yang umumnya adalah makanan padat, dengan susu sapi penuh lemak yang berfungsi sebagai nutrisi tambahan, bukan sebagai sumber makanan utama. 

C. S. Mott Children's Hospital di Michigan merekomendasikan anak usia 1 tahun mendapatkan 16 hingga 24 ons susu murni per hari. Rumah sakit tersebut juga menekankan agar Anda harus memastikan dapat memberi susu penuh lemak kepada anak-anak karena usia di bawah dua tahun membutuhkan lemak dari susu untuk membantu perkembangan otak.

Makanan padat nutrisi sangat penting pada tahun pertama kehidupan bayi. Natasha Burgert, dokter anak di Kansas City mengatakan kepada Romper untuk merekomendasikan orang tua tidak hanya berhenti menggunakan susu formula pada usia setahun, tetapi mereka juga harus mulai mengajarkan anak-anak mereka meminum susu dari gelas langsung daripada melalui botol susu. 

Jika Anda bertanya-tanya apakah susu domba, kambing, kedelai, atau susu beras sama bagusnya dengan susu sapi, Women's and Children's Health network tidak merekomendasikan susu-susu tersebut pada anak di bawah satu tahun. 

Barulah ketika sudah menginjak satu tahun keatas, balita Anda bisa diberikan susu lain selain susu sapi atau ASI seperti susu kedelai, misalnya. Namun, sebaiknya pilih yang memberikan kalsium tambahan. 





(DEV)