Empat Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kesuburan Wanita

Torie Natalova    •    Jumat, 29 Jun 2018 07:28 WIB
kesehatan
Empat Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kesuburan Wanita
Tidak mengalami orgasme bukan berarti Anda tidak berpeluang hamil. (Foto: Pete Bellis/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak ada yang memerhatikan pentingnya tingkat kesuburan hingga akhirnya ini menjadi sangat penting ketika seorang wanita ingin memiliki bayi.

Kesuburan lebih dari sekedar memiliki sel telur yang siap dibuahi oleh sperma pria. Tindakan yang Anda lakukan sekarang dapat berdampak pada tingkat kesuburan.

Sehingga, penting untuk melakukan hal-hal yang dapat membuat sel telur tetap sehat. Asisten profesor kebidanan Suzanne Fenske menjelaskan beberapa hal yang sering dipertanyakan tentang kesuburan wanita.

1. Bisakah wanita memperbanyak jumlah sel telurnya?
Jawabannya adalah tidak. Wanita dilahirkan dengan sekitar 2 juta telur dan secara bertahap kehilangan sepanjang hidupnya lewat siklus haid mereka. Namun, jumlah tersebut lebih dari apa yang Anda butuhkan untuk memiliki bayi.


(Tidak ada yang memerhatikan pentingnya tingkat kesuburan hingga akhirnya ini menjadi sangat penting ketika seorang wanita ingin memiliki bayi. Foto: Drop the Label Movement/Unsplash.com)

(Baca juga: Ciri-ciri Anda Memiliki Tingkat Kesuburan yang Tinggi)

2. Bisakah obat-obatan memengaruhi kesuburan di masa depan?
Seharusnya, obat-obatan tidak memengaruhi masa depan wanita. Anda tidak berovulasi saat sedang menggunakan pil KB, tapi ini tidak berarti Anda melenyapkan sel telur yang sudah ada. Telur Anda secara alami terdegradasi dan mati seiring wanita, meskipun Anda tidak berovulasi.

3. Apakah IUD memengaruhi kesuburan?
Alat KB seperti IUD tidak akan berdampak negatif pada kesuburan Anda. Anda masih berovulasi dengan IUD, tapi ini dapat membuat rahim tidak ramah lagi bagi sel telur yang dibuahi.

4. Bisakah hamil meski tidak mengalami orgasme?
Tidak mengalami orgasme bukan berarti Anda tidak berpeluang hamil. Kehamilan dapat terjadi ketika sel telur dilepaskan pada saat yang sama ketika sperma masuk dalam rahim.





(TIN)