Ini Alasan Mengapa Tubuh Merinding Saat Menonton Konser

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 14 Sep 2018 19:06 WIB
psikologi
Ini Alasan Mengapa Tubuh Merinding Saat Menonton Konser
Apakah Anda pernah merinding saat sedang berada di konser musik? Jika demikian, berarti Anda sedang dalam keadaan positif. (Foto: Yvette de Wit/Unsplash.com)

Jakarta: Apakah Anda pernah merinding saat sedang berada di konser musik? Jika demikian, berarti Anda sedang dalam keadaan positif. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengalami merinding lebih mungkin untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan orang lain, mencapai prestasi akademis tingkat yang lebih tinggi sepanjang hidup mereka dan untuk berada dalam kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Studi Barclaycard, yang dipimpin oleh peneliti Harvard University Matthew Sachs dan profesor Universitas Oxford Robin Murphy, menyimpulkan hal tersebut dari 100 orang yang menonton pertunjukan musik langsung sambil mengenakan perangkat pemantauan.

Para peneliti menganalisis tanggapan fisiologis para partisipan terhadap musik dan melakukan serangkaian tes psikometri untuk melihat bagaimana 'momen merinding' mendefinisikan sifat seseorang. 

Studi tersebut menyimpulkan bahwa 55 persen orang Inggris kemungkinan akan merinding ketika menonton pertunjukan langsung, yang kemungkinan besar terjadi dalam menit pertama.

Perempuan lebih cenderung menunjukkan respons emosional terhadap musik hidup, dengan 55 persen dari peserta perempuan mengalami merinding dibandingkan dengan 46 persen laki-laki.


(Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengalami merinding lebih mungkin untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan orang lain, mencapai prestasi akademis tingkat yang lebih tinggi sepanjang hidup mereka dan untuk berada dalam kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Foto: Ron Smith/Unsplash.com)

(Baca juga: Mengapa Nonton Konser Musik Bisa Membuat Orang Bahagia?)

Menurut temuan para peneliti, mereka yang merinding setidaknya sekali selama festival lebih cenderung menggambarkan diri mereka sebagai empati dan menyenangkan dalam hubungan.

Selanjutnya, orang-orang yang menyadari benjolan berduri yang muncul di kulit mereka juga lebih mungkin untuk menyatakan bahwa mereka berada dalam suasana hati yang positif. Selain itu, kesejahteraan fisik mereka secara keseluruhan adalah dalam kondisi prima.

Sebanyak 66 persen dari mereka yang merinding selama pertunjukan musik live mengatakan bahwa mereka berada dalam suasana hati yang lebih positif, dibandingkan dengan 46 persen dari orang-orang yang tak merasakan hal serupa. 

Robin Murphy, peneliti di Oxford University, menjelaskan bagaimana penelitian ini memberi kesempatan bagi tim peneliti untuk mengeksplorasi fenomena merinding secara terperinci.

"Hasil studi Barclaycard adalah yang pertama untuk menunjukkan ciri-ciri kepribadian yang berbeda yang mencirikan orang-orang yang mengalami merinding," katanya.

Ia menambahkan, studi tersebut juga menunjukkan bahwa benar-benar terhubung dengan hiburan secara langsung hingga merinding berdampak pada perasaan secara keseluruhan tentang perasaan dan suasana hati.





(TIN)